PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS CACATNYA PRODUK YANG DITERIMANYA DALAM PERDAGANGAN E-COMMERCE

  • Ica Aprila Rahim Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • I Gusti Ngurah Dharma Laksana Fakultas Hukum Universitas Udayana

Abstract

Dalam menulis jurnal ini, penulis memiliki tujuan yaitu memberikan pemahaman terkait perlindungan hukum yang dimiliki oleh konsumen atas cacatnya suatu produk yang diterima dalam perdagangan e-commerce berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen No.8 Tahun 1999. Jurnal ditulis dengan metode penelitian hukum normatif, karena penulis menganalisis suatu permasalahan dengan dasar peraturan perundang-undangan. Penelitian ini menunjukkan hasil yaitu kemajuan globalisasi serta kemajuan teknologi dalam informasi amat cepat sehingga mempengaruhi sektor ekonomi yaitu adanya perdagangan melalui e-commerce. Perdagangan e-commerce memberikan dampak yang signifikan dalam kemajuan perekonomian, akan tetapi sengketa atau konflik sangat kerap terjadi di tengah konsumen dengan pelaku usaha. Konflik yang kerap terjadi adallah produk yang diterima atau penjelasan pelaku usaha yang diberikan terhadap konsumen tidak sesuai, tidak benar bahkan kerap konsumen menerima produk cacat Kondisi tersebut terjadi karena posisi konsumen yang berada di posisi lebih lemah dan kurangnya pemahaman akan hak-haknya menjadi konsumen. Kondisi tersbut dijadikan pelaku usaha untuk mencari keuntungan, sehingga dibutuhkannya perlindungan hukum terhadap konsumen atas cacatnya suatu produk. Cacatnya barang atau produk sangat membuat konsumen rugi dan produsen harus tanggung jawab supaya melakukan ganti rugi sesuai nilai besarnya produk. Dalam peristiwa tersebut pelaku usaha wajib untuk melakukan ganti rugi yang terbatas hanya pada cacatnya suatu produk tersebut.


ABSTRACT


In writing this journal, the author's aim is to provide an understanding regarding the legal protection that consumers have for defects in a product received in e-commerce trading based on the Consumer Protection Law No. 8 of 1999. The journal is written using normative legal research methods, because the author analyzes a problem on the basis of statutory regulations. This research shows the results, namely that the progress of globalization and advances in information technology are very fast, thus affecting the economic sector, namely trade through e-commerce. E-commerce trade has a significant impact on economic progress, however disputes or conflicts often occur between consumers and business actors. Conflicts that often occur are that the product received or the explanation given by the business actor to the consumer is inappropriate, incorrect and consumers often receive defective products. This condition occurs because the consumer is in a weaker position and lacks understanding of their rights as consumers. This condition is used by business actors to seek profit, so that legal protection is needed for consumers for product defects. Defects in goods or products cause serious losses to consumers and producers must be responsible for compensating them according to the value of the product. In this event, the business actor is obliged to provide compensation which is limited only to the defect in the product.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-06
How to Cite
RAHIM, Ica Aprila; DHARMA LAKSANA, I Gusti Ngurah. PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS CACATNYA PRODUK YANG DITERIMANYA DALAM PERDAGANGAN E-COMMERCE. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 15-27, nov. 2023. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/106703>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/KS.2024.v12.i02.p02.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2