Penerapan Metode Quality Function Deployment (QFD) Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Produk Es Kopi Susu di Coffee Shop ABC
Main Article Content
Abstract
ABSTRACT
Overall sales at Coffee Shop ABC decreased by 21% from January to May 2023. One factor contributing to this decline is the presence of similar coffee shop competitors in close proximity. The aim of this research is to determine product attributes, analyze the level of importance and satisfaction of the product, and determine strategies to improve product quality. The method used in this research is Quality Function Deployment (QFD) and the variables used are the quality attributes of the iced coffee milk product, namely price, taste, aroma, color, physical appearance, temperature and volume. Based on the QFD analysis, it was found that the product quality attribute with the highest importance value was the volume attribute (4.61), the attribute that received the highest satisfaction value was taste (4.29), and the strategy to improve product quality that could be recommended was to carry out an evaluation every month to determine achievements. product targets and shortcomings.
Keywords: Product quality, iced milk coffee, Quality Function Deployment (QFD)
ABSTRAK
Penjualan secara keseluruhan di Coffee Shop ABC mengalami penurunan sebesar 21% pada Januari-Mei 2023. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap penurunan penjualan tersebut adalah pesaing coffee shop sejenis yang lokasinya berdekatan. Tujuan dari penelitian ini yaitu menentukan atribut produk, menganalisis tingkat kepentingan dan kepuasan produk, dan menentukan strategi untuk meningkatkan kualitas produk. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Quality Function Deployment (QFD) dan variabel yang digunakan adalah atribut mutu pada produk es kopi susu yaitu harga, rasa, aroma, warna, tampilan fisik, temperatur, dan volume. Berdasarkan analisis QFD diperoleh atribut mutu produk dengan nilai kepentingan tertinggi adalah atribut volume (4,61), atribut yang mendapatkan nilai kepuasan tertinggi adalah rasa (4,29), dan strategi peningkatkan kualitas produk yang dapat direkomendasikan ialah melakukan evaluasi setiap bulan untuk mengetahui pencapaian target dan kekurangan produk.
Kata kunci: Kualitas produk, es kopi susu, Quality Function Deployment (QFD)
Downloads
Article Details
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Seluruh artikel di Jurnal ini dapat disebarluaskan atas tetap mencantumkan sumber yang syah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertangggung jawab terhadap naskah yang dipublikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab Penulis.
References
Arifianto, I., Oktiarso, T., dan Widiyanto, S. 2014. Peningkatan kualitas pelayanan bengkel garuda dengan metode QFD dan model Kano. SYMBOL, 1(1): 45-57.
Arnawa, I. K. H. T., Saputra, I. G. O., dan Manggala RS, A. 2022. Kualitas produk dan pelayanan barista bagi kepuasan konsumen kedai hermess kopi. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 36(1): 25-34. https://doi.org/10.52318/jisip.2022.v36.1.3
Badan Pusat Statistik. 2022. Statistik kopi Indonesia 2022. https://www.bps.go.id/id/publication/2023/11/30/abde293e6c0fc5d45aaa9fe8/statistik-kopi-indonesia-2022.html. Diakses pada Juli 2023.
Bayu, I. K. K., dan Semara, I. M. T. 2024. Analisis kualitas pelayanan barista terhadap tingkat kepuasan konsumen. Jurnal Pariwisata dan Bisnis (PARIS), 3(1): 104-117..
Dinas Pariwisata Kota Denpasar. 2023. Banyaknya restoran dan rumah makan dirinci menurut Kabupaten/Kota di Bali (unit) 2021-2023. https://bali.bps.go.id/indicator/16/385/1/banyaknya-restoran-dan-rumah-makan-dirinci-menurut-kabupaten-kota-di-bali.html. Diakses pada Januari 2024.
Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung. 2018. Mengenal tanaman kopi arabika. https://diperpa.badungkab.go.id/artikel/18069-mengenal-tanaman-kopi-arabika. Diakses pada Januari 2024.
Farhan, M. 2019. Pengaruh Metode pengolahan pasca panen dan teknik penyeduhan terhadap cita rasa kopi. Tugas Akhir. Universitas Brawijaya.
Irawati, D. Y., Singgih, M. L., dan Syarudin, B. 2016. Integrasi Quality Function Deployment (QFD) dan conjoint analysis untuk mengetahui preferensi konsumen. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 13(2): 618-640. https://doi.org/10.25077/josi.v13.n2.p618-640.2014
Lestari, T., Karsiningsih, E., dan Bahtera, N. I. 2023. Pengaruh cafe atmosphere dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian generasi z pada kedai kopi di Kota Pangkalpinang. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 7(2): 505-517. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.02.7
Natakusumah, D. F., Wiranatha, A. A. P. A. S., dan Satriawan, I. K. 2019. Strategi pengembangan usaha melalui peningkatan kualitas produk ice coconut long black di titik temu coffee shop, Seminyak, Badung. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri, 7(4): 604-614. https://doi.org/10.24843/jrma.2019.v07.i04.p12
Penora, Y., Fauzi, D., dan Dermawan, A. 2022. Perilaku konsumen kopi di parewa coffee shop Kota Padang. JIA (Jurnal Ilmiah Agribisnis), 7(5), 182-189. https://doi.org/10.37149/jia.v7i5.63
Soekarno, S., Tantri, S. U., dan Siswi, J. 2012. Proses penghalusan kopi robusta menggunakan mesin pembubuk tipe hammer mill. Jurnal Industri Teknologi Pertanian, 6(1).
Suroija, N. (2012). Studi tentang brand resonance melalui brand feeling pada honda tiger di Kota Semarang. Tesis. Universitas Diponegoro. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/11722999.pdf
Widyasari, A., Warkoyo, W., dan Mujianto, M. 2023. Pengaruh ukuran biji kopi robusta pada kualitas citarasa kopi. Jurnal Agro Industri Perkebunan, 11(1): 1-14. https://doi.org/10.25181/jaip.v11i1.2602
Yudhistira, N. 2021. Preferensi konsumen terhadap kopi arabika dengan metode brewing secara immersion dan non-immersion dengan variabel penelitian suhu brewing dan grind size di kemari coffee & space. Skripsi. Universitas Katolik Soegijapranata.