Persepsi konsumen terhadap kualitas makanan di sabeen restaurant the haven seminyak, bali pada era pandemi covid-19

Consumer Perceptions of Food Quality at Sabeen Restaurant The Haven Seminyak, Bali During the Covid-19 Pandemic Era

  • I Putu Adi Pradhana Udayana University
  • Anak Agung Putri Sri Udayana University
  • I Nyoman Tri Sutaguna Udayana University

Abstract

 


Abstrak


Pentingnya kualitas makanan yang akan disajikan kepada konsumen agar menciptakan kesan yang positif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap kualitas makanan di Sabeen Restaurant The Haven Seminyak, Bali dan untuk mengetahui proses penyimpanan bahan makanan perishable dan groceries pada Hot Kitchen di Sabeen Restaurant The Haven Seminyak, Bali.


                Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif, sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, studi pustaka, wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Teknik penentuan informan yaitu Purposive Sampling. Teknik penentuan sampel menggunakan rumus Slovin dan teknik pengambilan sampel menggunakan metode Quota Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskirptif-kuantitatif dengan skala likert.


                Hasil penelitian ini dengan 11 indikator kualitas makanan yaitu Warna, Penampilan, Rasa, Bentuk, Porsi, Tekstur, Aroma, Tingkat Kematangan, Temperatur, Freshness, Presentation, Well Cooked, Variety Of Food didapat nilai keseluruhan penilaian adalah 3,65 yang berada pada rentang 3,41 – 4,20 yang berarti mendapatkan penilaian Setuju yaitu, Warna mendapatkan penilaian sangat setuju, Penampilan sangat setuju, Rasa sangat setuju, Bentuk mendapatkan penilaian setuju , Porsi sangat setuju, Tekstur sangat setuju, Aroma sangat setuju, Tingkat Kematangan sangat setuju, Temperatur sangat setuju, Freshness sangat setuju, Presentation sangat setuju, Well Cooked sangat setuju, Variety Of Food sangat setuju.


                Penyimpanan bahan makanan pada Hot Kitchen Sabeen Restaurant juga mendapatkan rata-rata penilaian sebesar 4,8 yang berada pada rentang 4,21 – 5,00 yang berarti mendapatkan penilaian Sangat Setuju. Penyimpanan bahan makanan di Sabeen Restaurant menggunakan sistem FIFO (First In First Out).


Saran yang dapat diberikan untuk pihak The Haven Seminyak, Bali adalah adanya penambahan kotak saran atau masukan pada area Sabeen Restaurant serta diadakannya pelatihan dan pemahaman kualitas makanan secara intensif untuk karyawan maupun trainee yang bekerja pada Sabeen Restaurant Seminyak.


 A. Kata Kunci : Persepsi, Konsumen, Kualitas Makanan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-26
How to Cite
PRADHANA, I Putu Adi; PUTRI SRI, Anak Agung; SUTAGUNA, I Nyoman Tri. Persepsi konsumen terhadap kualitas makanan di sabeen restaurant the haven seminyak, bali pada era pandemi covid-19. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 245-263, may 2024. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/77720>. Date accessed: 26 june 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>