Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Wisatawan Memesan Kamar Last Minute Melalui Online Travel Agent di Fame Hotel Sunset Road, Bali

  • Ni Wayan Noni Suandewi Indonesia
  • Agung Sri Sulistyawati Udayana University
  • I Nyoman Tri Sutaguna Udayana University

Abstract

Online Travel Agent merupakan salah satu media pemasaran dan penjualan yang dilakukan oleh sebagian besar pemangku akomodasi pariwisata. Salah satu nya adalah Fame Hotel Sunset Road Bali. Untuk meningkatkan tingkat hunian kamar dan mendapatkan revenue yang maksimal melalui Online Travel, ecommerce dapat mengatur harga berdasarkan ketersediaan atau booking window. istilah untuk wisatawan yang memesan berdasarkan booking window dikenal dengan Last minute atau Early bird. Fame Hotel sendiripun menunjukan bahwa tahun 2019 wisatawan yang memesan secara last minute sebanyak 3.698 room nights sedangkan yang memesan secara early bird sebanyak 3.388 room nights. Bauran pemasaran merupakan hal yang diperhatikan dalam meningkatkan hunian kamar di Fame Hotel Sunset Road dalam memaksimalkan penjualan kamarnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Bauran pemasaran terhadap keputusan wisatawan memesan kamar last minute melalui online travel agent dan variabel bauran pemasaran yang mendominasi . Metode penelitian kuantitatif dengan analisis regresi berganda dan korelasi menggunakan SPSS 24. Sampel yang digunakan sebanyak 170 wisatawan dengan penyebaran kuesioner secara purposive sampling.


 Hasil yang didapatkan adalah variabel product, price, promotion, place, people, process dan physical evidence berpengaruh positif signifikan secara simultan terhadap keputusan wisatawan memesan kamar last minute melalui online travel agent di fame hotel sunset road, bali dengan korelasi kekuatan hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat sebesar 0,585 atau intepretasi kekuatan hubungan cukup / sedang. Variabel bebas yang mendominasi adalah variabel product (X1) dengan koefisien Beta sebesar 0,266 berdasarkan hasil penelitian ini hendaknya pihak Fame Hotel meningkatkan strategi promosi yang menarik dan tepat sasaran bagi wisatawan yang memesan kamar last minute dan juga meningkatkan kualitas produk dan pelayanannya untuk mencapai target penjualan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-29
How to Cite
SUANDEWI, Ni Wayan Noni; SULISTYAWATI, Agung Sri; SUTAGUNA, I Nyoman Tri. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Wisatawan Memesan Kamar Last Minute Melalui Online Travel Agent di Fame Hotel Sunset Road, Bali. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 82-95, july 2022. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/64939>. Date accessed: 21 nov. 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>