Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi konsumen memilih makanan organik di Restaurant Sari Organik Ubud Bali

  • Michell Layendra Udayana University
  • Anak Agung Putri Sri Udayana University
  • I Nyoman Tri Sutaguna Udayana University

Abstract

Di Ubud dewasa ini dapat dilihat bahwa restoran organik pun ramai didatangi oleh pengunjung, hal tersebut dapat diartikan bahwa banyak pengunjung yang menaruh minat dalam mengkonsumsi makanan organik walaupun di zaman sekarang ini makanan cepat saji lebih mudah dijumpai.


 Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi dan faktor dominan yang motivasi konsumen memilih makanan organik di restaurant Sari Organik Ubud Bali. Teknik accidental sampling digunakan dengan membagikan kuesioner kepada 100 konsumen yang berkunjung ke restaurant tersebut. Teknik pengumpulan data berupa observasi, kuesioner, wawancara tidak berstruktur, studi pustaka, dan dokumentasi. Teknis analisis faktor dengan menghitung korelasi indikator, ekstraksi faktor, rotasi faktor dan interprestasi faktor dengan bantuan software SPSS version 16.0 for windows.


Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil analisis faktor terdapat 10 indikator yang di analisis. Dari hasil analisis faktor tersebut terdapat 2 faktor yang terbentuk yang dapat menjelaskan 55,270% dari total varians yang ada. Dari kedua faktor yang terbentuk adalah faktor pertama yaitu Harga dan faktor yang kedua yaitu Produk.


Faktor dominan yang mempengaruhi motivasi konsumen memilih makanan organik di restaurant Sari Organik Ubud Bali adalah faktor Produk dengan total korelasi 2,255 melebihi faktor Harga yaitu 1,500. Jadi dapat disimpulkan bahwa faktor Produk dapat mempengaruhi konsumen dalam memilih makanan organik.


 


Kata kunci: Faktor, Motivasi Konsumen, Makanan Organik

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-10
How to Cite
LAYENDRA, Michell; SRI, Anak Agung Putri; SUTAGUNA, I Nyoman Tri. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi konsumen memilih makanan organik di Restaurant Sari Organik Ubud Bali. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 144-154, jan. 2022. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/58303>. Date accessed: 29 june 2022. doi: https://doi.org/10.24843/JKH.2021.v05.i02.p09.