Strategi pemasaran dalam mempertahankan penjualan makanan dan minuman di blue lobster restaurant kuta bali
Abstract
abstrak
Strategi pemasaran adalah upaya untuk memasarkan serta mengenalkan suatu produk maupun jasa pada masyarakat. Strategi pemasaran diharapkan dapat mencapai sasaran- sasaran dari sebuah pemasaran prosuk. Pemasaran sebuah produk yang baru dirilis akan menuntut orang – orang yang tergabung didalam divisi pemasaran pada perusahaan yang memproduksi melakukan komunikasi pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui bagaimana lingkungan internal dan eksternal yang mendukung pemasaran dan penjualan di Blue Lobster Restaurant 2). Untuk mengetahui strategi pemasaran dalam mempertahankan penjualan makanan dan minuman di Blue Lobster Restaurant. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik penentuan informan yang di gunakan yaitu Teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif terkait dengan analisis SWOT. Pemasaran yang di terapkan restaurant ini memiliki tempat yang stategis karena berada di daerah pantai kuta yang merupakan tempat wisata favorit saat berkunjung ke Bali. Beberapa hasil review pelanggan yang pernah berkunjung ke Blue Lobster Restaurant yaitu restaurant ini memiliki seafood yang fresh itu dapat di buktikan dari pelanggan dapat memilih sendiri seafood yang ingin mereka beli. Selain itu Blue Lobster Restaurant juga menawarkan harga yang terjangkau dengan pelayanan yang baik hal ini dapat dilihat dari pelayan restaurant yang ramah. Dari beberapa hasil review tersebut membuktikan bahwa strategi pemasaran yang dimiliki Blue Lobster restaurant mampu untuk menjaga pelanggan tetap berkunjung ke restaurant ini.
Kata kunci : strategi, pemasaran , faktor internal dan eksternal