Tingkat Kepuasan Wisatawan Terhadap Kualitas Pelayanan Housekeping Department pada Hotel Mercure Nusa Dua Bali

  • I Gede Agus Radita Fakultas Pariwisata Universitas Udayana
  • I Nyoman Jamin Ariana Udayana University
  • Fanny Maharani Suarka Udayana University

Abstract

Housekeeping merupakan departemen yang bertanggung jawab atas kepuasan dan juga kenyamanan tamu saat menginap, maka dari itu kualitas pelayanan dari departemen housekeeping harus sangat diperhatikan untuk mendapatkan penilaian yang baik dari wisatawan mengingat adanya komentar negatif yang diberikan wisatawan terhadap kulitas pelayanan departemen housekeeping pada hotel Mercure Nusa Dua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan wisatawan yang menginap pada  hotel Mercure Nusa Dua Bali berdasarkan pelayanan yang diberikan oleh housekeeping departemen.


Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus slovin sebanyak 100 responden yaitu wisatawan yang menginap pada hotel Mercure Nusa Dua Bali,  kemudian  data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data campuran kualitatif dan kuantitatif, data kualitatif berupa fasilitas, struktur organisasi, penjelasan hasil kuesioner, data kuantitatif berupa hasil dari kuesioner, jumlah kunjungan wisatawan ke mercure dan ke Bali, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis skala likert dan importance performance analysis.


Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan lima dimensi pelayanan yang memiliki 25 sub-indikator yang dinilai berdasarkan rumusan maslah tingkat kinerja dari wisatawan dimana dilihat berdasarkan tingkat kinerja yang diukur menggunakan skala  likert dari tangibes mendapatkan skor penilaian 4,23 yang artinya sangat baik, empaty mendapatkan rata-rata skor 4,24 yang artinya sangat baik, reliability mendapatkan rata-rata skor 4,4 yang artinya sangat baik, responsive mendapatkan rata-rata skor 4,33 yang artinya sangat baik, dan assurance mendapatkan rata-rata skor 4,32 yang artinya sangat baik. Meskipun dari masing-masing penilaian sebagian besar telah memberikan penilaian sangat baik namun ada beberapa wisatawan memberikan skor 2 atau yang artinya kurang baik pada sub-indikator lima dimensi pelayanan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-28
How to Cite
RADITA, I Gede Agus; JAMIN ARIANA, I Nyoman; SUARKA, Fanny Maharani. Tingkat Kepuasan Wisatawan Terhadap Kualitas Pelayanan Housekeping Department pada Hotel Mercure Nusa Dua Bali. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 1-12, july 2022. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/61905>. Date accessed: 29 sep. 2022.

Most read articles by the same author(s)