Faktor-Faktor yang menentukan terjadinya sistem promosi jabatan karyawan di masari villas and spa

  • Channa Erlanggashani Student
  • Fanny Maharani Suarka Udayana University
  • Putu Ratih Pertiwi Udayana University

Abstract

Abstrak


         Promosi jabatan memungkinkan perusahaan untuk menempatkan karyawan yang tepat pada tugas yang tepat, sehingga sistem promosi jabatan yang efektif dapat menyebabkan efisiensi organisasional yang lebih besar. Masari Villas and Spa adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang akomodasi perhotelan yaitu villa dan spa yang berlokasi di Gianyar, Bali. Sistem promosi jabatan yang tidak dilakukan sesuai prosedur yang jelas oleh manajemen Masari Villas and Spa serta hal-hal yang terkait dengan faktor penyebab hal tersebut tidak diperhatikan dengan baik, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan terjadinya sistem promosi jabatan karyawan serta mengetahui faktor yang dominan dalam menentukan terjadinya sistem promosi jabatan karyawan di Masari Villas and Spa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner, dokumentasi, studi kepustakaan, dan observasi partisipator. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh atau sensus, sampel yang diambil sebanyak 53 responden yaitu seluruh karyawan Masari Villas and Spa kecuali manajer serta menggunakan analisis faktor konfirmatori.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima faktor terbentuk yang menentukan terjadinya sistem promosi jabatan karyawan di Masari Villas and Spa yaitu prestasi kerja (27,506%), pendidikan dan pelatihan (11,144%), spoil system (9,072%), penilaian pribadi (8,400%), dan kepercayaan (6,846%). Adapun faktor yang mendominasi adalah faktor prestasi kerja yang terdiri dari 6 variabel, yakni: (1) nilai dari kepala departemen mengenai prestasi kerja, (2) penyelesaian tugas-tugas, (3) semangat kerja, (4) kualitas hasil kerja, (5) kejujuran pribadi, dan (6) frekuensi melaporkan tugas. Sistem pengangkatan karyawan dengan prestasi kerja sebagai pertimbangan utamanya dapat membuat promosi jabatan di Masari Villas and Spa menjadi obyektif karena karyawan yang dipromosikan untuk mengisi suatu jabatan adalah mereka yang mempunyai prestasi kerja yang tinggi.


 


  1. Kata kunci: sistem, promosi jabatan, karyawan, villa and spa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-10
How to Cite
ERLANGGASHANI, Channa; SUARKA, Fanny Maharani; PERTIWI, Putu Ratih. Faktor-Faktor yang menentukan terjadinya sistem promosi jabatan karyawan di masari villas and spa. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 102-124, jan. 2022. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/57831>. Date accessed: 29 june 2022. doi: https://doi.org/10.24843/JKH.2021.v05.i02.p07.

Most read articles by the same author(s)