Peranan Peranan cost controller dalam mengendalikan food and beverage cost di Ananta Legian Hotel, Kabupaten Badung - Bali

Peranan cost controller dalam mengendalikan food and beverage cost

  • Desi Ratnasari Udayana University
  • Ni Made Ariani Udayana University
  • Agung Sri Sulistyawati

Abstract

Cost controller merupakan bagian dari departemen akunting yang memiliki peranan penting dalam pengendalian biaya makanan dan minuman disuatu perusahaan. Pengendalian biaya sangat menentukan tinggi rendahnya laba atau keuntungan yang dihasilkan sehingga suatu perusahaan harus mampu mengendalikan biaya tersebut agar biaya yang dikeluarkan lebih efisien. Sehingga dalam hal penjualan cost controller mempunyai pengaruh penting dalam pengambilan keputusan agar sesuai dengan tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan cost controller dalam mengendalikan food and beverage cost,mengetahui hasil dari pengendalian food and beverage cost dan mengetahui upaya cost controller dalam mengendalikan food and beverage cost di Ananta Legian Hotel.


Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif bermetode interaktif dan dilakukan melalui tiga kegiatan yang terjadi secara bersamaan dan teknik analisis data desktiptif kuantitatif yaitu Skala Guttman dengan menggunakan 50 pernyataan dalam checklist observasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling.


Peranan cost controller dalam pengendalian biaya bahan makanan dan minuman di Ananta Legian Hotel berperan dengan kualifikasi baik dengan jumlah skor rata-rata 70%. Lalu pengendalian biaya bahan makanan dan minuman pada Ananta Legian Hotel periode Juli sampai dengan Desember 2019 mengalami kondisi yang tidak menguntungkan atau unfavorable. Hal ini karena peranan cost controller pada aspek pengendalian dan pelaporan belum berperan dengan baik atau cukup baik artinya masih ada hal-hal yang tidak dilakukan cost controller terkait dengan tugasnya. Upaya cost controller dalam mengendalikan biaya makanan dan minuman ialah dengan memperbaiki kinerja kerja pada aspek-aspek pengendalian biaya yang belum baik.


 


Kata Kunci: Peranan, Cost controller, pengendalian biaya makanan dan minuman, Upaya

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-26
How to Cite
RATNASARI, Desi; ARIANI, Ni Made; SULISTYAWATI, Agung Sri. Peranan Peranan cost controller dalam mengendalikan food and beverage cost di Ananta Legian Hotel, Kabupaten Badung - Bali. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 21-40, may 2024. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/75706>. Date accessed: 19 june 2024.