Persepsi pengunjung terhadap kualitas event malang flower carnival (mfc) sebagai atraksi wisata di kota malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengunjung terhadap kualitas event Malang Flower Carnival (MFC) sebagai atraksi wisata di Kota Malang. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus lemeshow dengan jumlah sampel yang diperoleh sebesar 120 sampel, dimana sampel dari penelitian ini adalah pengunjung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan perhitungan thurstone yang menyatakan bahwa dalam indikator performance, pernyataan MFC untuk meningkatkan pamor Kota Malang sebagai kota bunga lebih cenderung favorabel dengan skor 8,38. Pada indikator conformance to specifications pernyataan yang favorabel ialah pelaksanaan acara sesuai tema dengan skor 8,31. Pernyataan variasi mode atau gerakan yang ditampilkan oleh peserta pada indikator feature yang merupakan favorabel dengan skor 8,39. Pada indikator aesthetic yang favorabel ada pernyataan desain panggung dan jalur fashion dengan skor 8,15. Pernyataan antusias pengunjung pada indikator reliability merupakan yang favorabel dengan skor 8,57. Hasil penghitungan rata-rata persepsi pengunjung terhadap kualitas event Malang Flower Carnival sebagai atraksi wisata di Kota Malang adalah 8,03, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengunjung menilai kualitas event Malang Flower Carnival sebagai atraksi wisata di Kota Malang memiliki nilai yang baik atau favorabel sebagai atraksi wisata di Kota Malang
Kata kunci : Persepsi, Kualitas Event, Pengunjung, Atraksi, Thurstone, Malang Flower Carnival