Identifikasi dan persepsi wisatawan terhadap capsule hotel di kuta bali

  • Ni Made Widiarsani Universitas Udayana
  • Agung Sri Sulistyawati
  • Nyoman Sri Aryanti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan untuk mengetahui persepsi wisatawan terhadap capsule hotel di Kecamatan Kuta khususnya mengenai kualitas servicescape . Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, kuesioner, wawancara, studi kepustakaan serta dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling sementara teknik penentuan sample menggunakan quota sampling. Jumlah sample yang digunakan adalah 50 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian, capsule hotel di Kecamatan Kuta merupakan hotel nonbintang dengan jumlah kamar 14-102 kamar. Kamar kapsule dilengkapi dengan fasilitas untuk tidur, stok kontak, saklar, loker, tirai penutup dan fasilitas tambahan di beberapa capsule hotel seperti meja, cermin dan gantungan baju. Sementara fasilitas hotel secara umum dilengkapi dengan recepsionis, tv kable, functional room, kamar mandi komunal dan tempat parkir. Segmen pasar capsule hotel adalah solo travel dengan rentang usia 15-35 tahun dari berbagai Negara. Lokasi hotel berada di daerah pariwisata dengan tujuan tamu menginap umumnya adalah untuk berlibur.


Berdasarkan hasil analisis kualitas servicescape di kapsule hotel di Kuta, semua indikator dari variable servicescape dinyatakan sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan walaupun memiliki ruang yang terbatas capsule hotel tetap memberikan kualitas yang sangat baik dalam layanan lingkungan hotel.


 


 


Kata Kunci            : Identifikasi, Capsule hotel, Persepsi, Kualitas, Servicescape


 


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-01
How to Cite
WIDIARSANI, Ni Made; SULISTYAWATI, Agung Sri; ARYANTI, Nyoman Sri. Identifikasi dan persepsi wisatawan terhadap capsule hotel di kuta bali. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 165-182, apr. 2018. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/37126>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JKH.2018.v02.i01.p9.