Pengaruh kualitas pelayanan, produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada restoran mie kober setan pulau kawe di denpasar
Abstract
ABSTRAK
- Nama : Tarsianus Pagor
- Judul : Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk Dan Harga
Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Restoran
Mie Kober Setan Pulau Kawe Di Denpasar.
- Jumlah Halaman : xiii + 146
- Ringkasan
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga serta variabel dominan yang bepengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada Restoran Mie kober Setan Pulau Kawe. Restoran Mie Kober Setan Pulau Kawe merupakan salah satu bisnis yang bergerak dibidang jasa makanan mie instan.Penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling dan Insidental Sampling adalah sebagai penentuan responden. Dalam penelitian ini terdapat 111 responden yang sudah melakukan pembelian pada Restoran Mie Kober Setan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran angket dan wawancara dengan narasumber. Penelitian ini memiliki variabel independen yang dianalisis yaitu kualitas pelayanan, produk, serta harga dan variabel dependen adalah keputusan pembelian. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif dan kuantitatif dengan alat pengukurannya adalah skala likert serta dianalisis inferensial menggunakan perangkat lunak SPSS versi 23.
Berdasarkan hasil uji F dengan menggunakan perangkat lunak SPSS dalam penelitian ini menunjukan nilai sig.0,000 ? 0,05 dan Fhitung 11.940 ? Ftabel 2.30 yang berarti Ho ditolak. Oleh karena itu dapat dinyatakan variabel independen seperti kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga bepengaruh positif dan signifikan serta secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Restoran Mie Kober Setan Pulau Kawe. Berdasarkan hasil uji T dengan perangkat lunak SPSS menunjukan bahwa variabel independen seperti kualitas pelayanan memiliki nilai sebesar 1.870, kualitas produk memiliki nilai t hitung sebesar 1.024, dan harga memiliki nilai sebesar 2.696 sedangkan nilai dalam penelitian ini sebesar 0,1882. Dengan demikian nilai ? nilai yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima.Maka dengan itu dapat dinyatakan bahwa pada penelitian ini variabel independen seperti kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga memiliki pengaruh positif dan signifikan serta secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Restoran Mie Kober Setan Pulau Kawe.
Berdasarkan uji T (Individual) variabel kualitas pelayanan memiliki nilai koefisien beta sejumlah 0.205 dengan nilai signifikan 0,064, kualitas produk memiliki nilai koefisien beta sejumlah 0,099 dengan nilai signifikan 0,005, dan harga memiliki nilai koefisien beta sejumlah 0,290 engan nilai signifikan 0,008.Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa variabel independen yang mempengaruhi dominan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Restoran Mie Kober Setan Pulau Kawe adalah variabel harga.
Kata Kunci: Kualitas pelayanan, produk, harga, keputusan pembelian.