Bahasa Indonesia PENGARUH BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN HOUSEKEEPING DEPARTEMENT DI AYODYA RESORT BALI

  • I Wayan Yoghi Dharsana Program Studi Sarjana Terapan Pengelolaan Perhotelan Fakultas Pariwisata
  • Anak Agung Putri Sri Udayana University
  • Agung Sri Sulistyawati Udayana University

Abstract

Abstrak


Pentingnya peranan Sumber Daya Manusia bagi setiap organisasi diharapkan dapat meningkatkan kinerja karyawan, untuk itu karyawan perlu memiliki skill atau keterampilan yang handal dalam menangani setiap pekerjaan. Dalam upaya pencapaian hasil kinerja karyawan yang optimal dalam melayani bentuk jasa, dalam Management telah membentuk suatu upaya strategi dalam membenahi kinerja karyawan, oleh sebab itu budaya kerja karyawan housekeeping di ayodya resort bali yang negatif yang terus dilakukan terlihat dari kebiasaan karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan sebelum waktu yang di berikan selesai, sehingga karyawan memberikan dampak negatif terhadap cleanliness kamar hotel maupun tempat umum lainya. Karyawan housekeeping harus bisa menjaga kualitas kerja dengan pelayanan terbaik, sehingga terlihat bagaimana kinerja karyawan yang kurang baik dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang di berikan management.


Jenis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif, teknik sampel yang digunakan yaitu no-probability sampling dengan mengunakan purposive sampling dengan jumlah responden yang didapat yaitu 52 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif menggunakan nilai skala sikap dengan interval 1 – 4, dan analisis regresi linier sederhana. Analisis data selanjutnya menggunakan deskriptif kualitatif.


Hasil penelitian ini menujukan bahwa, rata-rata respon karyawan housekeeping terhadap budaya kerja ternyata didapatkan hasil yang baik yaitu rata-rata memberikan respon setuju dengan hasil output mean sebesar 3.15. Sedangkan untuk kinerja karyawan, hasil output respon karyawan rata-rata karyawan juga menjawab dengan respon setuju yaitu sebesar 3.15. Budaya kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan housekeeping departement. Hasil ini diperkuat dengan hasil analisis statistika yang menunjukan bahwa, nilai koefisien regresi untuk variabel budaya kerja adalah 7.384 dan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.


Saran yang dapat penulis berikan yaitu perusahaan perlu meningkatkan budaya kerja karyawan sehingga bisa lebih maksimal dan bahkan bisa direspon dengan rata-rata sangat setuju. Begitu juga dengan variabel kinerja karyawan juga perlu diperhatikan lebih lagi.


 


Kata Kunci     : Budaya Kerja dan Kinerja karyawan, Housekeeping Departmen , Regresi     Linier   Sederhana.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-28
How to Cite
DHARSANA, I Wayan Yoghi; PUTRI SRI, Anak Agung; SULISTYAWATI, Agung Sri. Bahasa Indonesia PENGARUH BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN HOUSEKEEPING DEPARTEMENT DI AYODYA RESORT BALI. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 373-387, nov. 2023. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/74027>. Date accessed: 08 may 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>