jurnal kepariwisaan dan hospital Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Hunian Kamar di Ibis Styles Bali Denpasar Hotel

Promotion Strategy as an Influence of Increasing Room Occupancy Rates in Ibis Styles Bali Denpasar

  • Ni Luh Rania Septiani Universitas Udayana
  • IB Ketut Astina Udayana University
  • Ni Ketut Arismayanti Udayana University

Abstract

Menurunnya tingkat hunian kamar pada Ibis Styles Bali Denpasar pada tahun 2017-2019 membuat pendapatan hotel juga menurun.Hal ini disebabkan oleh persaingan antar hotel pesaing serta strategi promosi yang perlu ditingkatkan.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan dari faktor internal peluang dan ancaman dari faktor eksternal hotel, sehingga merumuskan strategi dan program promosi dalam jangka pendek dan panjang yang dapat diterapkan.Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara serta penentuan informan menggunakan purposive sampling. Tehnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis SWOT.


Hasil dari pembahasan diperoleh simpulan strategi promosi bersumber dari promotion mix serta di pengaruhi oleh faktor eksternal perusahaan. Strategi yang dirumuskan dalam analisis SWOT meliputi Strategi SO (Strengts Opportunities) meliputi strategi menciptakan paket produk yang variatif, Strategi ST (Strengts Threats) meliputi strategi meningkatkan content score, Strategi WO (Weaknesses Opportunities) meliputi strategi menciptakan layout iklan yang menarik melalui media online dan strategi mengoptimalkan hubungan kerjasama hotel dengan pemerintahan, danstrategi WT (Weaknesses Threats) meliputi strategi meningkatkan walk in guest oleh karyawan Ibis Styles Bali Denpasar Hotel dan strategi memperbaiki kualitas produk dan jasa secara mendetail. Adapun program yang dihasilkan meliputi menciptakan paket wisata advanture Bali Swing di Ubud untuk minimal menginap selama limahari dan menciptakan paket produk yang variatif dengan membuat harga paket Cooking with Ibis Family.


Saran yang dapat di berikan adalah team sales & marketing dapat memperkuat market yang sudah ada yaitu market nusantara dan dapat mengembangkan market mancanegara dengan menjalin kerjasama bersama pihak-pihak travel agent, mengawasi serta melakukan pengelolaan secara berkala promosi melalui brosur dan websitedan melakukan pembaharuan konten-konten pada website online travel agent.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-28
How to Cite
SEPTIANI, Ni Luh Rania; ASTINA, IB Ketut; ARISMAYANTI, Ni Ketut. jurnal kepariwisaan dan hospital Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Hunian Kamar di Ibis Styles Bali Denpasar Hotel. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 418-439, nov. 2023. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/77925>. Date accessed: 26 june 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>