Strategi Pemasaran Restoran Nelayan Sanur Bay Bali

  • I Gede Yoga Suka Pratama UNIVERSITAS UDAYANA
  • Ni Made Ariani Udayana University
  • IB Ketut Astina Udayana University

Abstract

Abstrak


                Nelayan Sanur Bay berada di kawasan strategis tepat di bibir pantai Sanur dengan pemandangan laut. Diantara restoran yang  berada di kawasan tepi pantai sanur Nelayan Sanur Bay merupakan restoran yang paling menarik karena memiliki disain bangunan yang bagus. Namun karena dampak dari pandemi Covid-19 ini maka Nelayan Sanur Bay mengalami jumlah penurunan kunjungan wisatawan yang sangat signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal Nelayan Sanur Bay dan Merumuskan strategi pemasaran yang tepat dilakukan Nelayan Sanur Bay.


                Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, sumber data pada penelitian ini adalah data sekunder dan data primer dengan teknik observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui dua tahap yaitu analisis deskriptif kuantatif dan analisis deskriptif kualitatif.


                Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : Kondisi internal Nelayan Sanur Bay memiliki produk yang beragam, berkualitas, citarasa yang khas, harga yang bervariasi, potongan harga, promosi dengan media sosial, pemandangan yang bagus arsitektur bangunann yang elegan. Kondisi eksternal Nelayan Sanur Bay pasokan bahan baku dengan kualitas yang baik, memiliki pesaing dinataranya Oomba Beach House, Bali Izakaya, Baramundi Restaurant dan Lilla Pantai,target pasar wisatawan yang ada di pantai sanur, penerapan PSBB (pembatsan sosial bersekala besar). pandemi COVID-19 berpengaruh terhadap kondisi ekonomi wisatawan. memanfaatkan teknologi sebagai sarana promosi. Strategi pemasaran Nelayan Sanur Bay berdasarkan analisis SWOT yaitu : Strategi Nelayan Sanur Bay berada di kuadran I dimana memiliki kekuatan yang digunakan untuk memanfaatkan peluang yang ada . Maka dari itu strategi yang tepat digunakan adalah penggunakaan strategi SO (Strength Opportunities) yaitu strategi meningkatkan dan mempertahankan keunggulan produk dengan menciptakan menu baru seperti varian sushi dan strategi meningaktkan dan mempertahankan promosi dengan memanfaatkan teknologi seperti pemanfaatan media Instagram, Facebook, Website dan juga media penjualan makanan online.


  1. Kata kunci : Strategi Pemasaran, Faktor eksternal, Faktor Internal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-27
How to Cite
SUKA PRATAMA, I Gede Yoga; ARIANI, Ni Made; ASTINA, IB Ketut. Strategi Pemasaran Restoran Nelayan Sanur Bay Bali. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 266-281, nov. 2023. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/72741>. Date accessed: 12 may 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>