Bakteri Escherichia coli Teridentifikasi pada Rektum Lumba-Lumba Hidung Botol Indo-Pasifik di Umah Lumba Rehabilitation Center, Taman Nasional Bali Barat

  • Vicky Kristiawan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Hapsari Mahatmi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Putu Henrywaesa Sudipa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Deny Rahmadani Jakarta Animal Aid Network (JAAN)

Abstract

Saluran cerna merupakan salah satu tempat pertumbuhan berbagai genus serta spesies bakteri termasuk bakteri family Enterobacteriaceae.  Salah satu dari anggotanya adalah Eschericia coli yang merupakan flora normal yang sering ditemukan pada saluran cerna.  Saat ini masih sangat langka penelitian tentang keberadaan E. coli pada saluran cerna lumba-lumba hidung botol Indo-Pasifik (Tursiops aduncus).  Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data awal mengenai bakteri Enterobateriaceae pada lumba-lumba tersebut yang berada di lingkungan rehabilitasi.  Sampel lumba-lumba yang digunakann merupakan lumba-lumba hidung botol Indo-Pasifik (T. aduncus) yang berada di jaring apung laut atau seapen Umah Lumba Rehabititation Center, sebanyak tiga ekor.   Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rubber catheter sterile berukuran 2,7 mm yang dimasukkan ke dalam rektum lumba-lumba.  Jumlah total sampel yang di isolasi sebanyak 12 sampel dari tiga ekor lumba-lumba.  Isolasi sampel dilakukan dengan menggunakan media Sheep Blood Agar, media Mac Conkey Agar dan Eosine Methylen Blue Agar.  Selanjutnya di uji dengan pewarnaan Gram, uji katalase, uji oksidase, Triple Sugar Iron Agar, Sulfide Indole Motility, Methyl Red Voges Proskauer, Simmon Citrate Agar, dan uji urease.  Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan pada tiga ekor lumba-lumba hidung botol Indo-Pasifik (T. aduncus) yang berada di seapen Umah Lumba Rehabilitation Center, ditemukan jenis bakteri famili Enterobacteriaceae spesies E. Coli.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hapsari Mahatmi, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Bakteriologi dan Mikrologi Veteriner

Putu Henrywaesa Sudipa, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Bakteriologi dan Mikrologi Veteriner

Published
2022-03-31
How to Cite
KRISTIAWAN, Vicky et al. Bakteri Escherichia coli Teridentifikasi pada Rektum Lumba-Lumba Hidung Botol Indo-Pasifik di Umah Lumba Rehabilitation Center, Taman Nasional Bali Barat. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 234-245, mar. 2022. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/74711>. Date accessed: 08 may 2024. doi: https://doi.org/10.19087/imv.2022.11.2.234.
Section
Original Research