Pengimbuhan Asam Format Menurunkan Jumlah dan Diameter Folikel Limfoid Limpa, dan Memperkecil Diameter Folikel Limfoid Bursa Fabricius

  • I Dewa Agung Ayu Irma Aristawati Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Anak Agung Ayu Mirah Adi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • I Ketut Berata Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Abstract

Salah satu cara dalam meningkatkan efisiensi kecernaan pakan adalah dengan menambahkan feed additive. Asam organik yang sering digunakan sebagai feed additive, adalah asam format, karena sifat kelarutannya yang tinggi dalam air. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian asam format terhadap folikel limfoid bursa Fabricius dan limpa ayam, dilakukan penelitian dengan menggunakan 18 ekor day old chick (DOC) ayam kampung dengan tiga perlakuan yakni perlakuan kontrol (P0) ayam diberikan minum yang tidak mengandung asam format. Perlakuan 1 (P1) ayam diberikan air yang mengandung asam format (pH 2,5) dan perlakuan 2 (P2) ayam diberikan air yang mengandung asam format (pH 3,5). Masing masing perlakuan terdiri dari enam ekor ayam sebagai ulangan (n). Ayam ditimbang bobot badannya sebelum diberikan perlakuan. Enam minggu pasca perlakuan, ayam ditimbang kembali dan dikorbankan nyawanya dengan cara dislokasi capitis serta dilanjutkan dengan nekropsi. Organ bursa Fabricius dan limpa diambil dan dimasukkan dalam formalin 10%, jaringan yang telah difiksasi kemudian diproses dan diwarnai dengan pewarnaan Hematoxylin-Eosin (HE). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan pH air minum akibat pemberian asam format tidak berpengaruh nyata terhadap jumlah folikel limfoid bursa Fabricius. Namun, berpengaruh nyata terhadap penurunan diameter folikel limfoid bursa Fabricius. Hasil penelitian juga menunjukkan penurunan pH air minum berpengaruh nyata terhadap penurunan jumlah dan diameter folikel limfoid pulpa putih limpa. Simpulannya adalah pemberian air minum yang asam menekan sistem imun ayam kampung.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Anak Agung Ayu Mirah Adi, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Patologi Veteriner

I Ketut Berata, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Patologi Veteriner

Published
2020-03-31
How to Cite
ARISTAWATI, I Dewa Agung Ayu Irma; ADI, Anak Agung Ayu Mirah; BERATA, I Ketut. Pengimbuhan Asam Format Menurunkan Jumlah dan Diameter Folikel Limfoid Limpa, dan Memperkecil Diameter Folikel Limfoid Bursa Fabricius. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 228-238, mar. 2020. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/60966>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19087/imv.2020.9.2.228.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>