Uji Sensitivitas Bakteri Stahpylococcus sp. Asal Babi Penderita Porcine Respiratory Disease Complex terhadap Doxycycline, Kanamycin, dan Clindamycin

  • Aditana Fanayoni Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Ketut Tono Pasek Gelgel Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • I Gusti Ketut Suarjana Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pola kepekaan antibiotik doxycycline, kanamycin, dan clindamycin terhadap bakteri Staphylococcus sp. yang diisolasi dari babi pendertia Porcine Respiratory Disease Complex (PRDC). Sampel penelitian ini adalah isolat Stahphylococcus sp. yang diisolasi dari babi penderita PRDC dengan jumlah 20 isolat yaitu positif Staphylococcus ? hemolitik (14 isolat) dan Staphylococcus ? hemolitik (6 isolat). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dish diffusion test Kirby-Bauer dalam Jackie Reyolad dengan cara membuat suspensi bakteri langsung (direct colony suspension). Data yang diperoleh dinyatakan secara deskriptif kualitatif dengan mengukur zona hambat untuk mengetahui adanya pola kepekaan terhadap bahan antibiotik, terdiri dari atas doxycycline, kanamycin dan clindamycin yang kemudian ditampilkan dalam tabel presentase. Hasil uji sensitivitas dari 20 isolat Staphylococcus ? dan Staphylococcus ? hemolitik menunjukan hasil resisten terhadap doxycycline dan clindamycin tetapi sensitif  kanamycin.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ketut Tono Pasek Gelgel, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Bakteriologi dan Mikologi Veteriner

I Gusti Ketut Suarjana, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Bakteriologi dan Mikologi Veteriner

Published
2019-07-31
How to Cite
FANAYONI, Aditana; GELGEL, Ketut Tono Pasek; SUARJANA, I Gusti Ketut. Uji Sensitivitas Bakteri Stahpylococcus sp. Asal Babi Penderita Porcine Respiratory Disease Complex terhadap Doxycycline, Kanamycin, dan Clindamycin. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 439-445, july 2019. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/55241>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)