GAMBARAN STATUS GIZI ANAK BERDASARKAN POLA MAKAN DAN POLA ASUH DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 BATUR

  • Christiana Hertiningdyah Sulistiani
  • Luh Seri Ani

Abstract

ABSTRAK
Malnutrisi pada anak masih menjadi masalah kesehatan pada anak usia sekolah di negara yang
memiliki sumber daya terbatas, termasuk di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
gambaran status gizi anak usia sekolah (6-12 tahun) berdasarkan pola makan dan pola asuh. Penelitian
ini merupakan studi deskriptif yang menggunakan desain cross-sectional. Subyek penelitian terdiri dari
siswa kelas 5 dan 6 di Sekolah Dasar Negeri 3 Batur, Kintamani, Bali. Sebanyak 43 anak sekolah dasar
(SD) yang dipilih menggunakan metode stratified random sampling dilibatkan dalam penelitian ini.
Data penelitian diperoleh melalui pengukuran langsung dan wawancara. Pengukuran langsung atau
antropometri dilakukan untuk mendapatkan data tinggi badan dan berat badan. Sedangkan wawancara
dilakukan untuk mendapatkan data karakteristik, pola makan, dan pola asuh. Analisis data penelitian
dilakukan secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kejadian malnutrisi pada
anak SD sebesar 30,2% terdiri dari status gizi kurang 2,3% dan status gizi lebih 27,9%. Siswa dengan
status gizi kurang dijumpai lebih banyak pada anak yang sarapan setiap hari (2,6%), membawa makanan
dari rumah setiap hari (10%), jajan di sekolah setiap hari (2,6%), makan camilan kadang-kadang (5,9%),
tidak vegetarian (2,7%), dan mendapatkan pola asuh demokratis (3,6%). Siswa dengan status gizi lebih
dijumpai lebih banyak pada anak yang tidak pernah sarapan (100%), tidak pernah membawa makanan
dari rumah (31%), jajan di sekolah setiap hari (29%), kebiasaan makan camilan setiap hari (44,4%),
tidak vegetarian (30,6%), dan mendapatkan pola asuh permisif (50%). Kejadian malnutrisi pada anak
SD cukup tinggi sehingga diperlukan strategi atau upaya untuk menurunkan kejadian malnutrisi beserta
dampaknya pada siswa.


Kata kunci: status gizi, sekolah dasar, pola makan, pola asuh


ABSTRACT
Malnutrition in children remains as a public health problem in school-aged children in
countries with limited resources, including Indonesia. The aim of this study is to know the
description of the nutritional status of school-aged children (6-12 years) based on diet and
parenting. This is a descriptive study with cross-sectional research design. The subjects were 5th
and 6th grade students at Batur 3 Elementary School, Kintamani, Bali. A total of 43 elementary
school children were selected using a stratified random sampling method was involved in this
study. The data of this study was obtained by direct measurements and interviews. Direct
measurements or anthropometric were carried out to obtain height and weight data. Whereas
interviews were conducted to obtain data on characteristics, diet, and parenting. Data analysis
done in univariate and bivariate. The results showed that the incidence of malnutrition in
elementary school children by 30.2% consisted of an under nutritional status of 2.3% and over

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Christiana Hertiningdyah Sulistiani

Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana1

Luh Seri Ani

Departemen KMKP Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2020-07-23
How to Cite
SULISTIANI, Christiana Hertiningdyah; ANI, Luh Seri. GAMBARAN STATUS GIZI ANAK BERDASARKAN POLA MAKAN DAN POLA ASUH DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 BATUR. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 9, n. 7, p. 12-17, july 2020. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/62949>. Date accessed: 05 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2020.V09.i7.P03.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>