HUBUNGAN KARAKTERISTIK, TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DENGAN PEMILIHAN ALAT KONTRASEPSI PADA PASANGAN USIA SUBUR DI KECAMATAN SIDEMEN KABUPATEN KARANGASEM BALI

  • Ni Putu Ditadiliyana Putri
  • Dyah Pradnyaparamitha D
  • Luh Seri Ani

Abstract

Program keluarga berencana memungkinkan pemerintah untuk menurunkan angka fertilitas dan meningkatkan perbaikan kesehatan, kesejahteraan, hak asasi manusia, dan pendidikan. Akan tetapi dibeberapa negara berkembang penggunaan kontrasepsi masih terbatas. Penelitian tentang faktor yang berhubungan dengan pemilihan penggunaan alat kontrasepsi sudah banyak dilakukan tetapi hasilnya masih tidak konsisten. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui hubungan karakterisktik, tingkat pengetahuan, dan sikap ibu terhadap pemilihan alat kontrasepsi. Studi cross sectional  dilakukan terhadap 91 wanita usia subur yang dipilih dengan metode simple random sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret hingga April 2018 di Kecamatan Sidemen Kabupaten Karangasem Bali. Data dikumpulkan dengan metode wawancara di rumah masing-masing responden. Data yang dikumpulkan adalah tentang pemilihan alat kontrasepsi, karakteristik, tingkat pengetahuan, dan sikap. Data hasil penelitian dianalisis dengan Chi Square untuk mengetahui faktor yang berhubungan  dengan pemilihan alat kontrasepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa satu-satunya faktor yang berhubungan dengan pemilihan alat kontrasepsi adalah tingkat pengetahuan ibu ( X2 = 0,163, P = 0,01). Dapat disimpulkan bahwa pengetahuan ibu berhubungan dengan pemilihan alat kontrasepsi pada PUS.


Kata Kunci:tingkat pengetahuan, persepsi, pasangan usia subur, metode kontrasepsi, pemilihan alat kontrasepsi.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ni Putu Ditadiliyana Putri

1Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Dyah Pradnyaparamitha D

2Program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakutas Kedokteran Universitas Udayana

Luh Seri Ani

2Program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakutas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2019-01-07
How to Cite
DITADILIYANA PUTRI, Ni Putu; PRADNYAPARAMITHA D, Dyah; ANI, Luh Seri. HUBUNGAN KARAKTERISTIK, TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DENGAN PEMILIHAN ALAT KONTRASEPSI PADA PASANGAN USIA SUBUR DI KECAMATAN SIDEMEN KABUPATEN KARANGASEM BALI. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 40-45, jan. 2019. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/45327>. Date accessed: 24 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>