DETEKSI GEN CbpG PADA ISOLAT KLINIS Streptococcus pneumoniae DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT SANGLAH DENPASAR DARI JANUARI 2012 – MARET 2017 DENGAN MENGGUNAKAN POLYMERASE CHAIN REACTION (PCR)

  • Ni Kadek Seri Mahayanti
  • Ni Nyoman Sri Budayanti
  • Ni Nengah Dwi Fatmawati

Abstract

Streptococcus pneumoniae adalah bakteri kokus gram positif fakultative anaerob penyebab utama kesakitan dan kematian diseluruh dunia. Bakteri ini dapat menyebabkan Invasive Pneumococcal Disease (IPD) seperti bakterial pneumonia, meningitis dan bakterimia serta penyakit non-IPD seperti otitis media dan sinusitis. S. pneumoniae memiliki beberapa faktor virulensi yang berperan dalam menimbulkan penyakit, salah satunya adalah CbpG. CbpG adalah protein permukaan yang berperan dalam proteolitik dan perlekatan sehingga menimbulkan sepsis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keberadaan gen CbpG pada isolat klinis S. pneumoniae yang terisolasi di Instalasi Mikrobiologi Klinik RSUP Sanglah Denpasar dengan menggunakan tekhnik PCR. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan menggunakan 21 sampel yang diambil dari sputum (42,9%), luka (23,8%), dan darah (33,3%). Sebanyak 3 (14,3%) dari 21 isolat klinis S. pneumoniae membawa gen CbpG, menunjukan bahwa CbpG merupakan salah satu faktor virulensi yang dimilliki isolat klinis S. pneumoniae.


Kata kunci: Streptococcus pneumoniae, CbpG, Proteolitik, Perlekatan, PCR


 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ni Kadek Seri Mahayanti

1Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Ni Nyoman Sri Budayanti

2Departemen Mikrobiologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Udayana/RSUP Sanglah

Ni Nengah Dwi Fatmawati

2Departemen Mikrobiologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Udayana/RSUP Sanglah

Published
2018-11-02
How to Cite
SERI MAHAYANTI, Ni Kadek; SRI BUDAYANTI, Ni Nyoman; DWI FATMAWATI, Ni Nengah. DETEKSI GEN CbpG PADA ISOLAT KLINIS Streptococcus pneumoniae DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT SANGLAH DENPASAR DARI JANUARI 2012 – MARET 2017 DENGAN MENGGUNAKAN POLYMERASE CHAIN REACTION (PCR). E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 7, n. 11, nov. 2018. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/43680>. Date accessed: 27 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)