UJI DAYA HAMBAT EKSTRAK ETANOL KULIT BATANG CEMPAKA KUNING (MICHELIA CHAMPACA L.) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI STAPHYLOCOCCUS AUREUS DAN ESCHERICHIA COLI SECARA IN VITRO

  • I Gede Agus Darsana Palgunadi
  • Agus Eka Darwinata
  • Made Agus Hendrayana
  • Ni Nengah Dwi Fatmawati

Abstract

Infeksi masih merupakan masalah kesehatan berbagai negara, terutama negara berkembang seperti Indonesia. Belakangan ini banyak dilakukan penelitian untuk mengembangkan obat baru sebagai alternatif pilihan antibiotika untuk mengatasi infeksi. Perkembangan penelitian mengarah pada pengembangan bahan alam. Kulit batang cempaka kuning(Michelia champaca L.) merupakan salah satu bahan alam yang dapat dimanfaatkan. Penelitian ini adalah studi dengan desain true experimental post test only group design. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrak kulit batang cempaka dengan konsentrasi 25%, 50%, dan 75% terhadap pertumbuhan S. aureus ATCC 25923 dan E. coli ATCC 8739 dengan metodi difusi cakram. Hasil penelitian menunjukan ekstrak etanol kulit cempaka kuning konsentrasi 25%, 50%, dan 75% memiliki aktivitas antibakteri terhadap S. aureus dengan rerata diameter zona hambat masing-masing yaitu 17,4 mm, 18,3 mm, dan 20 mm. Uji komparabilitas menggunakan Dunn's multiple comparisons test. Hasil uji antara kelompok kontrol positif dengan kelompok konsentrasi 25% memiliki perbedaan yang bermakna (p<0,05). Hasil uji antara kelompok kontrol positif dengan kelompok konsentrasi 50% dan kelompok konsentrasi 75% menunjukan tidak terdapat perbedaan yang bermakna (p>0,05). Sedangkan pada bakteri E. coli, ekstrak etanol kulit cempaka kuning pada berbagai konsentrasi tidak menunjukan adanya aktivitas antibakteri.


Kata kunci : Uji daya hambat; ekstrak kulit batang cempaka kuning; Staphylococcus aureus; Escherichia coli

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Gede Agus Darsana Palgunadi

Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter Universitas Udayana

Agus Eka Darwinata

Bagian Mikrobiologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Made Agus Hendrayana

Bagian Mikrobiologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Ni Nengah Dwi Fatmawati

Bagian Mikrobiologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2021-01-06
How to Cite
DARSANA PALGUNADI, I Gede Agus et al. UJI DAYA HAMBAT EKSTRAK ETANOL KULIT BATANG CEMPAKA KUNING (MICHELIA CHAMPACA L.) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI STAPHYLOCOCCUS AUREUS DAN ESCHERICHIA COLI SECARA IN VITRO. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 40-46, jan. 2021. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/70758>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2021.V10.i1.P08.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>