SURVEI BURNOUT PADA MAHASISWA KEPERAWATAN YANG MENJALANI SISTEM PEMBELAJARAN BLOK DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA
Abstrak
Burnout didefinisikan sebagai kondisi psikologis yang diakibatkan oleh kelelahan fisik, emosi, mental yang menyebabkan terjadinya stres berkepanjangan. Ketidakseimbangan kemampuan mahasiswa terhadap tuntutan studi yang kompleks dan rutinitas kampus yang padat, dapat memicu burnout. Tujuan penelitian adalah untuk memberikan gambaran nilai rata- rata burnout pada mahasiswa keperawatan yang menjalani sistem pembelajaran blok di Fakultas Kedokteran Untiversitas Udayana. Studi ini merupakan jenis studi deskriptif kuantitatif melalui pendekatan potong lintang. Rancangan penelitian menggunakani teknik non-probability sampling dengan total sampling. Responden sebanyak 245 orang mahasiswa. Hasil penelitian menggambarkan bahwa mayoritas mahasiswa berjenis kelamin perempuan (89,4%), berkuliah sesuai minat (72,7%), angkatan 2019 dengan jumlah responden terbanyak (70 orang). Nilai rata-rata burnout berdasarkan dimensi burnout yaitu 1) Kelelahan emosional (16.09), 2) Disbelief (7.30), 3) Professional effectiveness (19.12). Mayoritas mahasiswa dengan nilai rata-rata burnout lebih tinggi adalah pada mahasiswa laki-laki (44,2), mahasiswa yang berkuliah tidak sesuai minat (47,3), mahasiswa angkatan 2017 (44,6). Mayoritas mahasiswa yang memiliki rata-rata burnout tertinggi adalah laki-laki, mahasiswa yang berkuliah tidak sesuai minat dan mahasiswa tingkat tiga.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Alimah, S., & Swasti, K. G. (2016). Gambaran Burnout pada Mahasiswa Keperawatan di Purwokerto. Jurnal Keperawatan Soedirman, 11(2), 130. https://doi.org/10.20884/1.jks.2016.11.2.709
Aminah, S., Wardoyo, S., & Pangastoeti, S. (2018). Pengiriman tenaga perawat dan careworker Indonesia ke Jepang dalam kerangka Indonesia-Japan
Asmadi. (2005). Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta: EGC.
Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia. (2015). Kurikulum Inti Pendidikan Ners Indonesua.
Eliyana. (2016). Faktor-Faktor yang Berhubunganz dengan Burnout Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap RSJ Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2015. Jurnal ARSI, 2(3).
Hafifah, N., Widiani, E., & Rahayu, W. (2017). Perbedaan Stres Akademik Pada Mahasiswa Program Studiz Ilmu Keperawatan Berdasarkan Jenis Kelamin Di Fakultas Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Nursing News, 2(3).
Ismaulina, & Muhayatsyah, A. (2020). Keputusan Mahasiswa dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhiz Memilih Jurusan Baru. Penerbit CV. AA. RIZKY.
Jatmiko, R. B. (2016). Perbedaan Tigkat Burnout Belajar Siswa Laki-Laki dan Perempuan Kelas VIII di SMP Negeri 3 PEDAN. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(2), Article 2. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipbk/article/view/879
Kholidah, E. N. (2012). Berpikir positif untuk menurunkan stres psikologis. Jurnal Psikologi, 39(1), 67–75.
Musabiq, S., & Karimah, I. (2018). Gambaranz Stress dan Dampaknya Pada Mahasiswa. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 20(2), 74. https://doi.org/10.26486/psikologi.v20i2.240
Program Studi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners Fakultas Kedukteran Universitas Udayana. (2017). Buku Kurikulum Program Studi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners Universitas Udayana.
Pusat Pengembangan Pendidikan Universitas Gadjah Mada. (2010). Buku Panduan Pelaksanaan Student Centered Learning (Scl) Dan Student Teacher Aesthethic Role-Sharing (STAR)—PDF Free Download. https://docplayer.info/45925028-Buku-panduan-pelaksanaan-student-centered-learning-scl-dan-student-teacher-aesthethic-role-sharing-star.html
Roizen, M. C. O., Michael F. (2009). Staying Young. Bandung: PT Mizan Publika.
Rosyid, H. R. (1996). Burnout: Penghambat produktivitas yang perlu dicermati. Buletin Psikologi.
Saleh, L. M. (2018). Man Behind The Scene Aviation Safety. Yogyakarta: Deepublish.
Simarmata, G. E., Lestari, D. R., & Setiawan, H. (2015). Mekanisme Koping Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Sistem Pembelajaran Blok Angkatan 2013. 12.
Simbolon, I. (2015). Reaksi Stres Akademis Mahasiswa Keperawatan Dengan Sistem Belajar Blok Di Fakultas Keperawatan X Bandung. Jurnal Skolastik Keperawatan, 1(01), 130175.
Sunaryo. (2004). Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.
Syarifuddin, A. (2003). Puasa Menuju Sehat Fisik—Psikis. Jakarta: Gema Insani.
Udayana, U. S. D. I. U. (2016). UNUD | Universitas Udayana. https://www.unud.ac.id/in/prodi9-Ilmu%20Keperawatan.html



