HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN

  • Ni Kadek Ita Rosiana Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Indah Mei Rahajeng Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Made Oka Ari Kamayani Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Kualitas pelayanan rumah sakit menjadi tolok ukur dalam menilai keberhasilan suatu program pemerintah. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit akan mempengaruhi kepuasan pasien. Pasien pengguna BPJS kesehatan sering merasa tidak puas dengan pelayanan yang diterima. Pengukuran kepuasan pasien harus dilakukan oleh rumah sakit sebagai bahan evaluasi kualitas pelayanan yang telah diberikan, sehingga nantinya akan berdampak kepada loyalitas pasien dan profitabilitas rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS kesehatan di BRSU Tabanan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 responden yang dipilih dengan teknik quota sampling. Kuesioner yang digunakan yaitu kuesioner kualitas pelayanan dan kuesioner HCAHPS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan mencapai nilai rata-rata sebesar 109,80 dan nilai rata-rata kepuasan pasien pengguna BPJS kesehatan sebesar 41,13. Hasil analisis hubungan menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan sedang dengan p-value 0,001; arah hubungan positif, dan nilai koefisien determinan sebesar 34,2%. Arah hubungan positif memiliki makna semakin baik kualitas pelayanan semakin tinggi kepuasan pasien pengguna BPJS kesehatan, begitu pula sebaliknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPJS. (2017). Ringkasan Ekslusif Laporan Pengelolaan Program dan Laporan Keuangan Jaminan Sosial Kesehatan.
Devhy, P., Yundari, H., Purwanti, S., & Prihartiningsih. (2018). Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Sanjiwani di Kabupaten Gianyar Tahun 2018. Bali Medika Jurnal, 5(2).
Habena, R. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan dalam Meningkatkan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Khusus Mata Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Pemerintahan dan Politik Global, 4(2), 50-57.
Hadijah. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Undata Palu Provinsi Sulawesi Tengah. e-Jurnal Katalogis, 4(7), 118-129.
Herbayuanto, H. (2018). Perbedaan Persepsi Atas Kualitas Pelayanan Rawat Inap Pengguna BPJS Dengan Non BPJS di RSUD Kanjuruhan. Tesis Universitas Muhammadiyah Malang.
Karim, F. (2014). Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Menggunakan Metode HCAHPS di Rumah Sakit Swasta dan Rumah Sakit Negeri di DIY. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Khadijah, N., & Dianasari, A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Persepsi Terhadap Kepuasan Konsumen dalam Menggunakan Jasa di RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik. Gema Ekonomi, 7(2), 220-235.
Khoriyah, A. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS di RSI Sakinah Mojokerto. Naskah Publikasi. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Majapahit Mojokerto.
Maghrobi, D., Verawati, M., & Munawaroh, S. (2019). Tingkat Kepuasan Pasien BPJS tentang Mutu Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Mawar RSUD Dr. Hardjono Ponorogo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1-10.
Masyitoh, F., Widowati, N., & Rengga, A. (2016). Kualitas Pelayanan Kesehatan Pasien Rawat Inap Pengguna Kartu BPJS Kesehatan di Puskesmas Tlogosari Kulon Kota Semarang (Berdasarkan Permenkes No 71 Tahun 2013 Tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional). Journal of Public Policy and Management Review, 5(3).
Ova, I., & Sudarsana, A. (2019). Efektivitas Pelayanan Kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Kota Denpasar. Piramida, 15(2).
Putra, P. (2011). Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III di Bangsal Marwah RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Naskah Publikasi.
Vasilefa, F. (2015). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Muhamadiyah Palembang Tahun 2014. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Palembang.
Wulandari, C. R. (2018). Analisis Kepuasan Pasien terhadap Pengendalian Mutu Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Haji Makassar. Skripsi Universitas Hasanuddin.
Published
2023-05-30
How to Cite
ROSIANA, Ni Kadek Ita; RAHAJENG, Indah Mei; KAMAYANI, Made Oka Ari. HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 109-116, may 2023. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/62822>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2023.v11.i02.p15.
Section
Articles