PENGARUH KOMIK PINTAR BELAJAR TRANSFUSI DARAH TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PEMBERIAN TRANSFUSI DARAH DAN GAMBARAN MOTIVASI BELAJAR

  • Arianto Arif Djoni Prodi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners FK Universitas Udayana
  • Indah Mei Rahajeng
  • I Kadek Saputra
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/coping.2021.v09.i03.p15

Abstrak

Motivasi belajar dapat mendukung peningkatan pengetahuan dari peserta didik. Keterampilan melakukan transfusi darah adalah keterampilan yang harus mampu dikuasai oleh mahasiswa keperawatan. Media pembelajaran inovatif yang dapat mendukung proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar mahasiswa diperlukan untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komik pintar belajar transfusi (KOPI BETA) terhadap tingkat pengetahuan pemberian transfusi darah dan gambaran motivasi belajar pada mahasiswa keperawatan di Program Studi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (PSSKPN FK Unud). Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian berjumlah 61 mahasiswa keperawatan angkatan 2018 dan dipilih menggunakan tekhnik total sampling. Intervensi yang diberikan berupa pemberian KOPI BETA selama 1 minggu untuk dipelajari. Pengumpulan data tingkat pengetahuan dan motivasi belajar menggunakan kuesioner. Analisis bivariat menggunakan uji wilcoxon dengan tingkat kepercayaan 95% (?=0,05). Hasil uji statistik menunjukkan ada perbedaan tingkat pengetahuan pemberian transfusi darah sebelum dan sesudah diberikan intervensi (p<0,0001; ? = 0,05). Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh KOPI BETA terhadap tingkat pengetahuan pemberian transfusi darah pada responden. Peneliti merekomendasikan untuk menjadikan komik belajar sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa keperawatan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Apriastini, N. K. T., & Ariwati, K. (2017). Risk factors of acute blood transfusion reactions in pediatric patients in Sanglah General Hospital, Bali-Indonesia. Bali Medical Journal, 6(3), 534-538.
Guswiani, W., Darmawan, D., Hamdani, N. A., & Noordyana, M. A. (2018). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Front Office di Kelas XI Akomodasi Perhotelan SMKN 3 Garut. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 688-698.
Joshi et al. (2018). Comics as an Educational Tool on a Clinical Clerkship. Academic Psychiatry.
Jusar, I. R., & Sari, S. G. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar dan Minat Belajar Mahasiswa berdasarkan Latar Belakang Sekolah terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Konsep Matematika II Mahasiswa PGSD Universitas Bunghatta. Jurnal Pakar Pendidikan, 15(2), 28-34.
Khatimah, H. (2019). Pengaruh Media Komik Sejarah terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD Inpres Jatia Kabupaten Bantaeng. Jurnal Penelitian dan Penalaran, 6(1), 72-85.
Loorbach, N., Peters, O., Karreman, J., & Steehouder, M. (2015). Validation Of The Instructional Materials Motivastion Survey (IMMS) in a Self-directed Instructional Setting Aimed at Working With Technology. British Journal of Educational Technology, 46(1), 204-218.
Marzanita, F., & Utami, R. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dengan Self Directed Learning Readiness (SDLR) Mahasiswa Tingkat III Akademi Kebidanan Anugerah Bintan Tanjung Pinang Tahun 2017. Jurnal Kebidanan, 8(1), 60-67.
Milwati, S., Wahyuni, T. D., & Lundy, F. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif pada Softskill Penggunaan APD Dalam Keperawatan HIV AIDS Mahasiswa Keperawatan Poltekkes Kemenkes Malang. The 3rd Universty Research Colloquium 2016, 479-488.
Nasriyati, C., Safrida.,& Hasanuddin. (2017). Pengaruh Pengembangan LKPD Berbasis Komik terhadap Motivasi Belajar pada Materi Struktur dan Fungsi Organ Tumbuhan di SMP Negeri 1 Montasik Aceh Besar. Seminar Nasional Kemaritiman Aceh, 1(2), 186-192.
Notoadmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian kesehatan. Rineka Cipta.
Nurazizah, S., Sinaga, P., & Jauhari, A. (2017). Profil Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 197-202.
Rahajeng, I. M. (2019). Graphic Medicine :Use Of Comic For Nurse To Achieve A Safe Blood Transfusion.The 3rd UdayanaInternational Nursing Conference.
Rahajeng, I. M., & Wardhani, A. S. (2019). Komik Pintar Belajar Transfusi Darah. HKI No EC00201940742.
Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation Dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak Pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 53-60.
Sulfemi, W. B. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS di SMP Kabupaten Bogor. Jurnal Program Studi Administrasi Pendidikan, 18(1), 1-12.
Swastikarini, S., Yulihasri.,& Susanti, M. (2019). Analisis Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pelaksanaan Ketepatan Identifikasi Pasien oleh Perawat Pelaksana. Jurnal Ilmiah Permas, 9(2), 125-134.
Diterbitkan
2021-06-30
##submission.howToCite##
DJONI, Arianto Arif; RAHAJENG, Indah Mei; SAPUTRA, I Kadek. PENGARUH KOMIK PINTAR BELAJAR TRANSFUSI DARAH TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PEMBERIAN TRANSFUSI DARAH DAN GAMBARAN MOTIVASI BELAJAR. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 9, n. 3, p. 357-365, june 2021. ISSN 2715-1980. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/65578>. Tanggal Akses: 09 may 2025 doi: https://doi.org/10.24843/coping.2021.v09.i03.p15.
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 > >>