HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA KEPERAWATAN
Abstract
Mahasiswa memiliki peran, tanggung jawab, tugas, serta berbagai kegiatan yang harus dilaksanakan selama di perkuliahan. Hal tersebut mengakibatkan mahasiswa cenderung melakukan penundaan terutama pada tugas perkuliahan atau disebut prokrastinasi akademik. Dukungan sosial teman sebaya menjadi salah satu faktor pentingĀ yang memengaruhi prokrastinasi akademik utamanya pada mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa keperawatan di Universitas Udayana. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross-sectional. Responden penelitian adalah mahasiswa Keperawatan di Fakultas kedokteran Universitas Udayana semester 2, 4, 6, dan 8. Penelitian ini menggunakan teknik sampling proportionate stratified randome sampling. Pengumpulan data menggunakan instrument Dukungan Sosial Teman Sebaya yang diadaptasi oleh Dinata (2019) dan Prokrastinasi Akademik yang diadaptasi oleh Harkinawati (2019). Uji Korelasi Spearman Rank digunakan untuk menganalisis data pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan gambaran dukungan sosial teman sebaya pada mahasiswa mayoritas pada tingkat sedang (77,5%), gambaran prokrastinasi akademik pada mahasiswa mayoritas pada tingkat sedang (97,5%), dan didapatkan hubungan yang bermakna antara dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi akdemik pada mahasiswa keperawatan dengan arah hubungan negatif dan kekuatan sedang (r = -0,404; p = 0,000; ? = 0,05). Kesimpulan penelitian ini yaitu dukungan melalui teman sebaya dapat memengaruhi terjadinya prokrastinasi akademik. Penelitian ini diharapkan menjadi pedoman dalam meminimalisir terjadinya prokrastinasi akademik melalui program promosi kesehatan untuk meningkatkan dukungan sosial teman sebaya pada mahasiswa keperawatan.
Downloads
References
Andarini, Ratri, S., & Fatma. (2013). Hubungan antara Distres dan Dukungan Sosial dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa dalam Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Talenta Psikologi. Volume 2, Nomor 2
Dinata, I. D. G. A. (2019). Hubungan Kontrol Diri, Beban Kerja, dan Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Universitas Udayana yang Bekerja Part Time. Jurnal Psikologi Udayana, 103-115
Fauziah, H. H. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Uin Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol. 2, No. 2, Hal: 123-132
Ghufron, M. Nur. & Risnawita, Rini, S. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Khusnayein, I. (2019). Hubungan antara Regulasi Diri dalam Belajar dan Dukungan Sosial Teman terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung)
Kusuma, L. W. A. (2010). Kecenderungan Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma.
Nahariani, P., Kurdi, F., & Priyanti, R. P. (2019). The perception of Indonesian nursing students on the learning environment in clinical practice. J Ners, 13, 233-7
Nisa, N. K., Mukhlis, H., Wahyudi, D. A., & Putri, R. H. (2019). Manajemen Waktu dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Keperawatan. Journal of Psychological Perspective, 1(1), 29-34.
Pradinata, S & Susilo, D. (2016). Prokrastinasi Akademik dan Dukungan Sosial Teman Sebaya pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Jurnal Experientia. Volume 4, Nomor 2
Rahayu, N. S. (2018). Hubungan Antara Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Roymond, H & Simamora. (2009). Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta : EGC
Santrock, J W. (2007). Adolescence. Perkembangan Remaja. (ed.6) (alih bahasa : Shinto B, Adelar dan Sherly Saragih). Jakarta: Erlangga
Sholihin, M. (2019). Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi pengerjaan skripsi pada mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2013-2014 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)
Steel, P. (2011). The procrastination equation: How to stop putting things off and start getting stuff done. Calgary: Procrastinus, Inc
Suhadianto, S., & Pratitis, N. (2020). Eksplorasi Faktor Penyebab, Dampak dan Strategi untuk Penanganan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(2), 204-223.
Ursia, N. R., Siaputra, I. B., & Sutanto, N. (2013). Prokrastinasi Akademik Dan Self-Control Pada Mahasiswa Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya-Academic Procrastination And Self-Control In Thesis Writing Students Of Faculty Of Psychology, Universitas Surabaya. Makara seri sosial humaniora, 17(1), 1-18
Widihapsari, I. A. G. K., & Susilawati, L. K. P. A. (2018). Peran kecerdasan emosional dan dukungan sosial terhadap penyesuaian diri mahasiswa baru universitas udayana yang berasal dari luar pulau bali. Jurnal Psikologi Udayana, 5(01), 48-62