Template Article

PEDOMAN PENULISAN NASKAH PUBLIKASI

COMMUNITY OF PUBLISHING IN NURSING (COPING)

 

Petunjuk Umum

Community of Publishing in Nursing (COPING) merupakan jurnal publikasi yang dicetak oleh Dewan Redaksi Program Studi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Naskah yang diterima oleh redaksi merupakan karya asli, belum pernah dipublikasikan / tidak sedang dalam proses seleksi maupun editing pada jurnal lain. Naskah yang diterima berupa hasil penelitian pada berbagai bidang kajian keperawatan, meliputi pendidikan keperawatan, keperawatan medikal bedah, keperawatan maternitas, keperawatan anak, keperawatan jiwa, keperawatan komunitas, dan keperawatan kritis. Naskah akan disunting oleh dewan redaksi dan mitra bebestari sebelum diterbitkan.   

 

Petunjuk Penulisan

  1. Judul

Judul menggambarkan inti dari tulisan, disusun dengan ringkas, spesifik, dan jelas. Judul diketik dalam Bahasa Indonesia. Jumlah kata tidak lebih dari 18 kata. Judul diketik dengan jenis huruf Times New Roman, ukuran 12, huruf kapital, dicetak rata tengah, dan menggunakan spasi 1.

  1. Data Penulis
  2. Tuliskan nama lengkap penulis (tanpa gelar). Tambahkan numbering note pada bagian akhir nama penulis. Nama penulis diketik dengan jenis huruf Times New Roman, ukuran 12, dicetak rata tengah, jarak 2 spasi dari judul.
  3. Afiliasi penulis berupa nama departemen dan asal institusi. Afiliasi dicantumkan dengan jelas di bawah nama penulis, diawali numbering note. Diketik dengan jenis huruf Times New Roman, ukuran 10, spasi 1.
  4. Alamat korespondensi dituliskan di bawah asal institusi. Cantumkan korespondensi penulis/ pengirim naskah (alamat lengkap/email). Diketik dengan jenis huruf Times New Roman, ukuran 10, spasi 1.

 

  1. Abstrak

Abstrak merupakan intisari seluruh tulisan. Diketik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Abstrak memaparkan pendahuluan (latar belakang masalah, tujuan), metode, hasil, simpulan, dan saran. Terdiri dari maksimal 250 kata. Cantumkan 3-5 kata kunci (keywords) di bagian bawah abstrak. Kata kunci diurutkan berdasarkan abjad. Diketik dalam satu paragraf, jenis huruf Times New Roman, ukuran 10, spasi 1, rata kiri kanan.  

  1. Pendahuluan

Tuliskan latar belakang masalah, originalitas tulisan, tinjauan pustaka secara singkat dan informatif, serta tujuan penelitian.

  1. Metode Penelitian

Tuliskan secara rinci tentang desain penelitian, populasi, sampel, variabel, waktu, tempat penelitian, teknik pengumpulan data, instrumen yang digunakan, serta analisis data. Uraikan juga etika pengambilan data dan informed consent bila menggunakan data atau sumber dari manusia.

  1. Hasil Penelitian

Tuliskan dengan jelas dalam bentuk narasi. Data yang dimasukkan berkaitan dengan tujuan penelitian, dapat disertai dengan ilustrasi (diagram, gambar, foto) dan tabel yang mendukung. Tabel diketik dengan spasi 1 dan diberi nomor urut. Jumlah tabel maksimal 5 buah. Judul tabel dibuat di atas tabel, rata kiri dan spasi 1. Judul ilustrasi/ gambar dibuat di bawah ilustrasi, rata tengah, dan spasi 1. Jumlah ilustrasi maksimal 4 buah. Tabel dan ilustrasi dalam bentuk 1 kolom.

  1. Pembahasan

Memaparkan secara benar dan argumentatif hasil penelitian dengan teori dan temuan terdahulu yang relevan dengan hasil.

  1. Simpulan dan Saran

Tuliskan dengan jelas dalam bentuk narasi, tidak diperinci dalam poin-poin yang mengacu pada tujuan penelitian. Sertakan saran yang sesuai, logis dan tepat guna.

  1. Daftar Pustaka

Cantumkan daftar pustaka/ referensi yang dirujuk pada naskah publikasi. Penulisan daftar pustaka dan pengutipan rujukan menggunakan APA style.

  1. Naskah publikasi diketik dengan spasi 1, awal paragraf diketik menjorok ke dalam. Bentuk layout naskah publikasi 2 kolom. Bila mencantumkan tabel dan ilustrasi dalam bentuk 1 kolom.
  2. Naskah yang akan dikirimkan dalam bentuk Word