GAMBARAN TINGKAT ANSIETAS SISWA-SISWI MENJELANG UJIAN NASIONAL
Abstract
Penilaian standar pendidikan dasar secara nasional sebagai standarisasi kebijakan yang harus dilakukan siswa sekolah. Keharusan melaksanakan ujian sebagai syarat kelulusan menjadikan berbagai reaksi pada siswa seperti rasa takut. Ketakutan siswa dalam menghadapi ujian didefinisikan sebagai ansietas. Peneltitian bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat ansietas siswa-siswi menjelang ujian nasional. Penelitian kuantitatif menggunakan metode deskriptif analitik dengan jumlah sampel 48 siswa. Ansietas di ukur menggunakan HRS-A (Hamilton Rating Scale for Anciety). Data dianalisis secara univariat melalui distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas mengalami ansietas tingkat sedang. Perlu intervensi keperawatan untuk mengatasi ansietas siswa-siswi menjelang ujian nasional.
Kata kunci : ansietas siswa-siswi, ujian nasional
ABSTRACT
National basic education standard assessment as standardization of policies that must be done by school students. The necessity of conducting an exam as a condition of graduation makes various reactions to students such as fear. Fear of students facing exams is defined as anxiety. The research aims to find a picture of the level of student anxiety before the national exam. Quantitative research uses descriptive analytic methods with a sample of 48 students. Anxiety is measured using HRS-A (Hamilton Rating Scale for Anciety). Data were analyzed univariately through frequency distribution. The results showed a moderate majority. Nursing intervention is needed to overcome the anxiety of students ahead of the national exam.
Keywords: student anxiety, national exam
Downloads
References
Basuki. (2013). Pemanfaatan Self Hypnosis Dalam Menurunkan Kecemasan Mahasiswa Di Akademi Keperawatan Kabupaten Purworejo. Electronic Theses & Dissertations (ETD) Gadjah Mada University. Diakses melalui http://etd.repository.ugm.ac.id/index. pada tanggal 2 Oktober 2016.
Craig, T. D. (2009). ABC Kesehatan Mental. In A. S. Hale, Ansietas (p. 60). Jakarta: EGC.
Durand, V. Mark dan David H Barlow. (2006). Intisari Psikologi Abnormal, terj. Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hawari, D. (2011). Manajemen Stres, Cemas Dan Depresi. Jakarta: FKUI.
Hurlock, Elisabeth. (2010). Psikologi Perkembangan Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
Janson & Daniel. F. (2014). How To Keep Calm and Carry On: Cara-cara Inspiratif Untuk Mengurangi Kecemasan dan Menjalani Hidup Sehat Serta Bahagia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Lastina. (2013). Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa SMA Negeri 2 Kota Magelang. Jurnal Eloctronics Fakultas Psikologi UNDIP Vol 2, No 3 (2013) diakses melalui http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati/article/ view/7360/7120 pada tanggal 2 Oktober 2016.
Notodiputro, Khairil Anwar. (2012). Ujian Nasional:Sarana Untuk Membangun Karakter Bangsa. Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Swasti, K.G., Helena, C.D., Pujasari, H. (2013). Penurunan Ansietas Dalam Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa Kelas XII SMAN X Melalui Pemberian Terapi Suportif. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing), Volume 8, No.2, Juli 2013.
Townsend. (2010), Buku saku Diagnosis Keperawatan Psikiatri: Rencana Asuhan dan Medikasi Psikotropik (Edisi 5). Jakarta. EGC