PERAN WORD OF MOUTH MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

  • Kadek Ery Satya Pranandha Universitas Udayana
  • Ni Made Wulandari Kusumadewi Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran word of mouth sebagai pemediasi pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen produk minyak Kutus-Kutus. Populasi dalam penelitian ini adalah warga Kota Denpasar yang sudah membeli minyak Kutus-Kutus. Penentuan sampel dalam penelitian ini memakai metode non-probalitity sampling sehingga dipilih 100 orang sebagai responden. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas produk dengan word of mouth, hubungan yang positif dan signifikan word of mouth dengan keputusan pembelian, hubungan yang positif dan signifikan kualitas produk dengan keputusan pembelian. Penelitian juga membuktikan bahwa word of mouth memediasi pengaruh kualitas produk dengan keputusan pembelian. Hasil penelitian ini secara praktis dapat menjadi salah satu acuan bagi peneliti lainnnya yang ingin meneliti mengenai kualitas produk, word of mouth dan keputusan pembelian konsumen


The purpose of this study was to determine the role of word of mouth in mediating the effect of product quality on consumer purchasing decisions for Kutus-Kutus oil products. The participants in this study were Denpasar City residents who had purchased Kutus-Kutus oil. In this study, the sample was determined using a non-probability sampling method, and 100 people were chosen as respondents. The path analysis technique was used for the analysis. There was a positive and significant relationship between product quality and word of mouth, a positive and significant relationship between word of mouth and purchasing decisions, and a positive and significant relationship between product quality and purchasing decisions, according to the findings. Furthermore, research shows that word of mouth influences purchasing decisions in a way that product quality does not. The findings of this study can practically be used as a reference by other researchers looking into product quality, word of mouth, and consumer purchasing decisions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiputra, N., & Trapika, S. C. (2018). Nama tanaman obat yang ditulis dalam usada mala. Medicina, 49(1), 63–67. https://doi.org/10.15562/medi.v49i1.5
Ary Wicaksono, M. ., & Seminari, N. . (2016). Pengaruh Iklan Dan Word of Mouth Terhadap Brand Awareness Traveloka. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(8), 5098–5127.
BPS. (2017). Statistik Daerah.
Darmajaya, I. B. D., & Sukawati, T. G. R. (2018). Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(12), 6391–6419. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i12.p01
Dewi, N. N. K. A., & Warmika, I. G. K. (2017). Pengaruh Internet Marketing, Brand Awareness, Dan Wom Communication Terhadap Keputusan Pembelian Produk Spa Bali AluS. E-Jurnal Manajemen Udayana, 6(10), 5580–5606.
Dzian, M., Triznova, M., Kaputa, V., & Supin, M. (2015). The Analysis of WOM in Slovak Republic and Impact of WOM on Consumers’ Purchasing Decision. Procedia Economics and Finance, 26(January), 975–981. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(15)00919-3
Giri, I. G. . D., & Jatra, I. . (2015). Pengaruh Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(11), 255278.
Herawati, Prajanti, S. D. W., & Kardoyo. (2019). Predicted Purchasing Decisions from Lifestyle, Product Quality, and Price through Purchase Motivation. Journal of Economic Education, 8(1), 1–11.
Igir, F. G., Tampi, J. R. E., & Taroreh, H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up. 6(2), 86–96.
Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Valuta, 4(1), 71–85.
Juniantoko, A. D., & Supriono. (2017). Pengaruh Word of Mouth terhadap Minat Beli serta dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Waroeng Latte dan The Cemiland di Kota Madiun). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 53(2), 11–18.
Kalicharan, H. D. (2014). The Effect And Influence Of Country-Of-Origin On Consumers Perception Of Product Quality And Purchasing Intentions. International Business & Economics Research Journal (IBER), 13(5), 897. https://doi.org/10.19030/iber.v13i5.8760
Khadka, K., & Maharhan, S. (2017). Value, satisfaction and customer loyalty. Journal of Interactive Marketing, 1(3), 21–36. https://doi.org/10.4337/9781781955970.00008
Kotler, P. & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. In Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A Framework for Marketing Management. In Marketing Management.
Machfoedz, M. (2013). Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta: Akademi Manajemen Pemasaran YPKPN,.
Maruto, D. R., Kusuma, A. A., & Yasa, N. N. K. (2015). Pengaruh Motivasi , Persepsi Kualitas , dan Sikap Konsumen Pada Perilaku Pembelian Ulang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(8), 2125–2144.
Marwati, & Amidi. (2019). Pengaruh Budaya, Persepsi, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Obat Herbal. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(2), 168. https://doi.org/10.32502/jimn.v7i2.1567
Mertasya, P., & Giantari, I. G. A. K. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Terhadap Komunikasi Word Of Mouth. Buletin Studi Ekonomi, 25(1), 1–21.
Nasirudi, M., Yulisetiarini, D., & Suroso, I. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Word Of Mouth Perusahaan Conato Di Jember. Digital Repository Universitas Jember, 14(1), 68–86.
Nugraha, M. R. (2013). Analisa Pengaruh Electronic Word-of Mouth, Argument Quality, Message Source Credibility Terhadap Brand Image dan Dampaknya Pada Purchase Intention. Jakarta : Binus University.
Nurvidiana, R., Hidayat, K., & Abdillah, Y. (2015). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Republica Cafe Malang Jalan Mt. Haryono Gg.XI Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 22(2), 1–8.
Oktavenia, K. A. R., & Ardani, I. G. A. K. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia Dengan Citra Merek Sebagai Pemediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(3), 1374. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i03.p08
Oliviana, M., Mananeke, L., & Mintardjo, C. (2017). Pengaruh Brand Image Dan Wom (Word of Mouth) Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Rm.Dahsyat Wanea. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 1081–1092. https://doi.org/10.35794/emba.v5i2.16065
Pandensolang, J. D., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Diferensiasi, Kualitas Produk Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Coca-Cola Pada Pt. Bangun Wenang Beverges Company Di Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 1113–1124.
Pemayun, T. I. D. P., & Ekawati, N. W. (2016). Pengaruh Promosi, Atmosfer Gerai, Dan Merchandise Terhadap Pembelian Impulsif Pada Hardy’S Mall Gatsu Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(7), 4132–4160.
Prameswari, N. P. D., & Purnami, N. M. (2019). Peran Word of Mouth Memediasi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(9), 5442–5461. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i09.p05
Pratiwi, Y. R. (2017). Pengaruh Word of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Boardgame Lounge Smart Cafe Pekanbaru. Jom Fisip.
Puspasari, A. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Word of Mouth Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(4), 1737–1748.
Puspita, D., Yulianto, E., & Sunarti, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Kepada Konsumen Charles & Keith di Tunjungan Plaza Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 34(1), 79–85.
Rachman, R., & Abadi, T. W. (2017). Komunikasi Word Of Mouth dan Keputusan Pembelian Batik Bangkalan. ASPIKOM.
Rambe, N., Maksum, C., & Yasin, M. (2017). Pengaruh Pelayanan, Citra Merek dan Harga Terhadap Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan dan Word of Mouth. Ekobisman-Jurnal Ekonomi Bisnis Dan ManajemeN, 1(3), 241–261.
Ratanavilaikul, B. (2018). Customer Perceived Value, Satisfaction, & Behavioral Intentions in The Logistic Industry. Assumption University, 10(2), 63–71.
Rembon, A., Mananeke, L., & Gunawan, E. (2017). Pengaruh Word of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt.Kangzen Kenko Indonesia Di Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(3), 4585–4594. https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.18675
Restupura, M. D. P., & Rahanatha, G. B. (2020). Promosi Penjualan, Store Atmosphere, Dan Brand Image Berpengaruh Terhadap Repurchase Intention. E-Jurnal Manajemen, 9(8), 3019–3039. https://doi.org/10.11428/jhej1987.42.191
Rizan, M., Nauli, M. O., & Mukhtar, S. (2017). The Influence Of Brand Image, Price, Product Quality And Perceive Risk On Purchase Decision Transformer Product Pt. Schneider Indonesia. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 8(1), 101–119. https://doi.org/10.21009/jrmsi.008.1.06
Rumondor, P., Tumbel, A., & Ogi, I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Kopi Dan Mie Toronata Di Kawangkoan. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 1102–1112. https://doi.org/10.35794/emba.v5i2.16084
Semuel, H., & Audrey, Y. (2020). Pengaruh Product Quality Terhadap Word of Mouth Dan Customer Satisfaction Sebagai Mediasi Pada Customer Greenly Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1).
Sernovitz, A. (2012). Word of Mouth Marketing: How Smart Companies get. People Talking. New York: Kaplan Inc.
Rai Wasundari, I. & Suasana, I. G. A. K. G.,. (2019). Peran Brand Equity Memediasi Pengaruhiklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kutus-Kutus Di Kota Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Salah satu strategi yang dapat digunakan oleh produsen untuk meningkatkan keputus. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(2), 7606–7632.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Supangkat, A. H., & Supriyanti. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tas Di Intako. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(9), 1–19.
Wardhani, W., Sumarwan, U., & Yuliati, L. N. (2015). Pengaruh Persepsi dan Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Hunian Green Product. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 6(1), 45–63. https://doi.org/10.29244/jmo.v6i1.12183
Wiguna, P., & Wijayanti, N. . (2019). Creative Promotion Terhadap Impulse Buying Minyak Kutus- Minyak Kutus-Kutus. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 4(1), 48–60.
Yafie, A. S., Suharyono, & Abdillah, Y. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan PelanggaN. Administrasi Bisnis (JAB), 35(2), 11–19.
Published
2022-03-24
How to Cite
PRANANDHA, Kadek Ery Satya; KUSUMADEWI, Ni Made Wulandari. PERAN WORD OF MOUTH MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 3, p. 443 - 463, mar. 2022. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/73829>. Date accessed: 09 may 2025. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i03.p02.
Section
Articles