PERAN MEDIASI KEPUASAN KERJA PADA GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN TOYOTA AUTO 2000 DENPASAR

  • I Made Adnyana Putra Universitas Udayana
  • Ida Bagus Ketut Surya Universitas Udayana

Abstract

Hasil wawancara karyawan memperoleh permasalahan dalam perusahaan kemampuan prestasi kinerja karyawan menurun dilihat dari tidak tercapainya target penjualan karyawan yang ditetapkan oleh perusahaan, ini dapat disebabkan oleh kurangnya kinerja karyawan dalam memberikan pelayanan terhadap konsumen. Terdapatnya karyawan sedang bermain handphone (alat komunikasi) disaat jam bekerja. Atasan terlalu arogan atau mematok target yang terlalu tinggi. Karyawan yang tidak puas dengan bonus diberikan oleh atasan, sehingga karyawan berharap atasan untuk meningkatkan jumlah bonus yang diterima. Penelitian dilakukan di Toyota Auto 2000 Denpasar sebanyak 107 pekerja dengan metode sampel jenuh, dikumpulkan melalui kuesioner menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, analisis jalur dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Kepemimpinan  transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Kepuasan kerja secara positif dan signifikan memediasi pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan.


Kata kunci  : Gaya Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-03
How to Cite
PUTRA, I Made Adnyana; SURYA, Ida Bagus Ketut. PERAN MEDIASI KEPUASAN KERJA PADA GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN TOYOTA AUTO 2000 DENPASAR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 405 - 425, feb. 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/49551>. Date accessed: 28 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i02.p01.
Section
Articles