PENGARUH ORIENTASI TEKNOLOGI DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN

  • Ni Wayan Novita Diah Lestari Universitas Udayana
  • I Gde Ketut Warmika Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Ubud pada bulan Desember 2018 hingga Januari 2019 dengan menggunakan responden pengelola hotel melati. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 90 responden dengan metode non probability sampling, yaitu  purposive sampling. Penerapan orientasi teknologi dan orientasi pasar diukur menggunakan kuesioner. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji statistik deskriptif dan uji statististik regresi linear berganda.  Hasil penelitian menunjukan bahwa orientasi teknologi dan orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan. Motivasi pengelola hotel melati di Kecamatan Ubud terhadap pemanfaatan teknologi sangat tinggi. Faktor pendorong motivasi pemanfaatan teknologi dengan skor rata-rata tertinggi adalah kemudahan dalam mengoperasionalkan. Orientasi pelanggan merupakan salah satu indikator dalam variabel orientasi pasar yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan, sehinggaa dapat disimpulkan bahwa meningkatkan kinerja perusahaan dapat dilakukan dengan memuaskan kebutuhan pelanggan dan selalu memperhatikan selera pelanggan.


Kata kunci: orientasi teknologi, orientasi pasar, kinerja perusahaan


 

Published
2019-11-03
How to Cite
LESTARI, Ni Wayan Novita Diah; WARMIKA, I Gde Ketut. PENGARUH ORIENTASI TEKNOLOGI DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 11, p. 6700 - 6720, nov. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/48303>. Date accessed: 09 dec. 2019. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p16.
Section
Articles