PERAN KEPERCAYAAN MEMEDIASI PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP NIAT BELI DI TOKOPEDIA

  • I Komang Wiratama Universitas Udayana
  • I Gde Ketut Warmika Universitas Udayana
  • I Gst. Ayu Kt. Giantari Universitas Udayana

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan pengguna internetnya yang cukup tinggi. Tingginya pengguna internet memberikan peluang bisnis online di Indonesia untuk berkembang, salah satunya marketplace Tokopedia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepercayaan dalam memediasi pengaruh citra merek terhadap niat beli. Penelitian ini dilakukan pada marketplace Tokopedia di Kota Denpasar dengan jumlah sampel sebanyak 110 responden dengan alat bantu kuesioner yang diukur dengan Skala Likert. Sampel ditentukan dengan menggunakan model non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan bantuan program SPSS for windows. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan citra merek dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan, serta kepercayaan secara parsial memediasi hubungan citra merek terhadap niat beli. Implikasi penelitian ini dapat menjadi referensi bagi perusahan Tokopedia untuk dapat mengembangkan strategi dalam upaya menjaga dan meningkatkan citra merek dan kepercayaan konsumen, sehingga mampu meningkatkan minat konsumen dalam bertransaksi melalui Tokopedia.


Kata Kunci: Citra Merek; Kepercayaan; Niat Beli

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-30
How to Cite
WIRATAMA, I Komang; WARMIKA, I Gde Ketut; GIANTARI, I Gst. Ayu Kt.. PERAN KEPERCAYAAN MEMEDIASI PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP NIAT BELI DI TOKOPEDIA. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 12, n. 6, p. 627 - 647, june 2023. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/102016>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i06.p05.
Section
Articles