PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH E-WOM TERHADAP NIAT KONSUMEN MENGGUNAKAN OVO MOBILE PAYMENT

  • Ni Wayan Krisnawati Universitas Udayana
  • I Gde Ketut Warmika Universitas Udayana

Abstract

Niat beli adalah tahap di mana konsumen membuat keputusan antara beberapa merek, dan akhirnya memilih alternatif yang paling mereka sukai atau proses yang dialami oleh konsumen dalam memutuskan barang mana atau layanan untuk membeli berdasarkan berbagai pertimbangan. Penelitian ini dilakukan dengan dasar untuk mengatahui hubungan antara E-WOM pada purchase intentiondengan dimediasi variabel brand image. Penelitian ini dilakukan pada calon pengguna OVO mobile payment, dengan sampel penelitian sebanyak 110 orang di Kota Denpasar, menggunakan metode nonprobability sampling yaitu purposive sampling.. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui online dan offline. Teknis analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial. Hasil yang didapatkan yaitu ditemukan adanya pengaruh positif antara E-WOM pada brand image, ditemukan adanya pengaruh positif antara E-WOM padapurchase intention, ditemukan adanya pengaruh positif antara hubungan brand imageterhadap purchase intention, danbrand image memediasi pengaruh E-WOM terhadap purchase intention.


Kata kunci: brand image, E-WOM, purchase intention.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-03
How to Cite
KRISNAWATI, Ni Wayan; WARMIKA, I Gde Ketut. PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH E-WOM TERHADAP NIAT KONSUMEN MENGGUNAKAN OVO MOBILE PAYMENT. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 79 - 98, jan. 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/50809>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i01.p05.
Section
Articles