PENGARUH SOCIAL MEDIA MAKETING, BRAND PERSONALITY, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

  • Putu Bramasta Baskara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Gde Ketut Warmika Universitas Udayana

Abstract

Perkembangan era digital yang terjadi secara terus menerus menjadi basis bagi proses transaksi perdagangan secara online. Kondisi ini harus dimanfaatkan para marketer dalam memasarkan produknya, salah satunya pada usaha dibidang kuliner yaitu Trihita Vegan. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing, brand personality, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen Trihita Vegan. Metode yang digunakan yakni metode kuantitatif yang berbentuk asosiatif. Teknik sampling dalam penelitian ini, yaitu non probability sampling dengan besar sampel 115 responden melalui metode purposive sampling dengan menyebar kuesioner berupa google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara social media marketing terhadap keputusan pembelian, brand personality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Implikasi penelitian ini yakni diharapkan Trihita Vegan dapat memperhatikan social media marketing yang baik di media internet yang dapat meningkatkan brand personality, serta harus menjaga kualitas produknya agar tetap baik sehingga berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan, A. (2019). Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Susu Morinaga di Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis, 7(2).
Amri, S., & Prihandono, D. (2019). Influence lifestyle, consumer ethnocentrism, product quality on purchase decision through purchase intention. Management Analysis Journal,8(1),25-38.
Ardiansyah, F., & Sarwoko, E. (2020). How social media marketing influences consumers purchase decision: A mediation analysis of brand awareness. JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen,17(2), 156-168.
As' ad, H. A. R., & Alhadid, A. Y. (2014). The impact of social media marketing on brand equity: An empirical study on mobile service providers in Jordan. Review of Integrative Business and Economics Research, 3(1), 315.
Aziz, N. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Aicos Produksi Pt. Bumi Sarimas Indonesia.
Bawono, A., Isanawikrama, I., Arif, K., & Kurniawan, Y. J. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen, Brand Image Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Situs Belanja Online (Studi Kasus pada Situs Belanja Online XYZ). Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 2(2).
Bayu, Dimas. (2022, Juni 10). APJII: Pengguna Internet Indonesia Tembus 210 Juta pada 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/apjii-pengguna-internet-indonesia-tembus-210-juta-pada-2022
Bilgin, Y. (2018). The effect of social media marketing activities on brand awareness, brand image and brand loyalty. Business & management studies: an international journal,6(1),128-148.
Dahmiri, D. (2020). Pengaruh Social media marketing Dan Brand Equity Terhadap Minat Beli. KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 17(2), 194-201.
Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia.
f, I. M. B. (2022). Brand personality, Self Congruence, Perceived Quality, Perceived Price Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Sepatu Vans Di Semarang. Diponegoro Journal of Management, 11(2).
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa konsep dasar untuk penulisan skripsi & analisis data dengan SPSS. Deepublish.
Elseidi, R. I., & El-Baz, D. (2016). Electronic word of mouth effects on consumers' brand attitudes, brand image and purchase intention: an empirical study in Egypt. The Business & Management Review, 7(5), 268.
Emini, A., & Zeqiri, J. (2021). Social media marketing And Purchase Intention: Evidence From Kosovo. Ekonomska misao i praksa, 30(2), 475-492.
Farisi, S. (2018). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepatu Adidas pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. The National Conference on Management and Business (NCMAB) 2018.
Fitriany, F. (2022). Pengaruh korean wave brand ambassador dan brand personality terhadap minat beli produk laneige Pada wanita generasi milenial di kota makassar. Nobel Management Review, 3(1), 39-51.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Hanaysha, J. R. (2018). An examination of the factors affecting consumer’s purchase decision in the Malaysian retail market. PSU Research Review, 2(1), 7-23.
Hasan, M., & Sohail, M. S. (2021). The influence of social media marketing on consumers’ purchase decision: investigating the effects of local and nonlocal brands. Journal of International Consumer Marketing, 33(3), 350-367.
Hasanah, U., & Giyartiningrum, E. (2021). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Endorsement Selebriti Instagram terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Skin Care MS GLOW. Journal Competency of Business, 5(02), 155-172.
Hermanda, A., Sumarwan, U., & Tinaprilia, N. (2019). The effect of social media influencer on brand image, self-concept, and purchase intention. Journal of Consumer Sciences,4(2), 76-89.
Imaningsih, E. S., & Rohman, S. (2018). The model of product quality, promotion, price, and purchase decisions. Jurnal Ekonomi, 23(2).
Kambali, I., & Masitoh, S. (2021). Pengaruh Social media marketing Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pengiriman Barang Di Kantor Pos Pati 59100. Pro Mark, 11(1), 10-10.
Kotler dan Amstrong, G 2012. Principles Of Marketing. 14th Edition Pearson International Edition. Prentice Hall. New Jersey
Krisanti, M. A. (2019). Analisis Penyebab dan Solusi Rekonsiliasi Finished Goods Menggunakan Hipotesis Statistik dengan Metode Pengujian Independent Sample T-Test di PT. Merck, Tbk. Jurnal Tekno, 16(2), 35- 48.
Lenarto, S., Putra, A. Y. W. T., & Rahmawati, V. (2018). Pengaruh Brand Image Dan Price Image Terhadap Purchase Intention Dengan Store Image Sebagai Variabel Intervening Pada IBOX Store di World Trade Center (WTC) di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 6(2), 99-111.
Liana, Y. (2020). Citra merek, kualitas produk dan brand personality terhadap minat beli. Jurnal Ilmu Sosial
Liu, H. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Di Jakarta Barat). Business Management Journal, 15(1).
Mahuda, F. D. (2018). Pengaruh Brand personality Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Butik Meccanism). AL-INFAQ: Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 98-112.
Maisari, R. (2019). Pengaruh Brand Image, Brand personality Terhadap Word Of Mouth Serta Dampaknya Pada Minat Beli (Studi pada Konsumen Kopi Good Day di Kecamatan Kebumen).
Maramis, F. S., Sepang, J. L., & Soegoto, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).
Masdaner, R., & Ruliana, P. (2021). Electronic Word Of Mouth Dan Brand Image Dalam Minat Beli Layanan Aplikasi Musik Spotify. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(2), 356-373.
Michael, M., Harahap, R. A., Albert, A., & Hartanto, A. (2021). The Influence of Brand Image, Price and Product Quality on Purchase Decision. Jurnal Mantik, 5(3), 1883-1889.
Mufarrikoh, Z. (2019). Statistika pendidikan (Konsep sampling dan uji hipotesis). Jakad Media Publishing.
Mulyansyah, G. T., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Di Kawasan G-Walk Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1097-1103.
Nasution, N. A., & Sari, W. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan (Firm Size) Dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 11(1), 76-83.
Nugroho, M. S., & Pradana, M. (2021). The Influence Of Product Quality On Purchase Decision Through Consumer Behaviour As Intervening Variable (case Study Of Indonesian Vape Consumers). eProceedings of Management, 8(6).
Nunualvuttiwong, C. (2021). Brand personality Affecting the Purchase Decision: A Case Study of Thai Vietjet Brand. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(11), 4156-4160.
Novansa, H., & Ali, H. (2017). Purchase decision model: Analysis of brand image, brand awareness and price (Case study SMECO Indonesia SME products). Saudi Journal of Humanities and Social Sciences, 2(8), 621- 632.
Powa, G. A., Lapian, S. J., & Wenas, R. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Handphone Pada Mahasiswa Feb Unsrat. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).
Pradana et al. (2017). Pengaruh Harga Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor. Kinerja, 14 (1), Hal. 16-23
Rachmawati, D., Shukri, S., Azam, S., & Khatibi, A. (2019). Factors influencing customers’ purchase decision of residential property in Selangor, Malaysia. Management Science Letters, 9(9), 1341-1348.
Rahyuda, K. (2020 ). Metode penelitian Bisnis : Base of the Research Pyramid Edisi 2020. Denpasar : CV. Sastra Utama
Rizaty, M.A. (2022, Agustus 3). Penggunaan Instagram Indonesia Terbesar Keempat di Dunia. https://dataindonesia.id/Digital/detail/pengguna-instagram-indonesia-terbesar-keempat-di-dunia
Sagia, A., & Situmorang, S. H. (2018). Pengaruh Brand Ambassador, Brand personality Dan Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic Aloe Vera. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 286-298.
Sangaji, N., Wiyono, V. H., & Mulyaningsih, T. (2019). Pengaruh Revolusi Industri 4.0 Pada Kewirausahaan Untuk Kemandirian Ekonomi. Prosiding Seminar Bisnis Magister Manajemen (SAMBIS) 2019.
Sasmita, M. H., & Madiawati, P. N. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Mobil Hybrid Toyota Dimasa Pandemi. eProceedings of Management, 8(3).
Seran, S. (2020). Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Sosial. Deepublish.
Setiawan, E. ., & Steven. (2021). Minat Beli Konsumen di Bakso Kota Cak Man Magelang. Jurnal Pariwisata Vokasi, 2(1), 34–41.
Sudarmanto, E., Kurnilluah, A. Z., Revida, E., Ferinia, R., Butarbutar, M., Abdilah, L. A., ... & Suyuthi, N. F. (2021). Desain Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif. Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alafabeta.
Suparman, S., & Andayani, T. (2021). The Influence of Brand Awareness and Product Quality on Purchase Intention of Royale Supreme Brand Laminated Paper at CV. Imperial Indopack East Jakarta. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4).
Takaya, R. (2017). The Effect Of Celebrity Endorsment On Brand Image And Trust Brand And It's Impact To Purchaseintention Case Study: Oppo Smartphone. Business and Entrepreneurial Review, 17(2), 183-196.
Vidananda, N. K. P., & Setiawan, P. Y. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Perusahaan Di Larissa Aesthetic Center Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(4), 333.
Voramontri, D., & Klieb, L. (2019). Impact of social media on consumer behaviour. International Journal of Information and Decision Sciences, 11(3), 209-233.
Windarti, T., & Ibrahim, M. (2017). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen produk donat madu (studi pada konsumen CV. Donat Madu Cihanjuang–Pekanbaru) (Doctoral dissertation, Riau University).
Yong, K., & Hassan, R. A. (2019). The relationships between social media marketing and entrepreneurial success: A conceptual study on homestay business in Sabah, Malaysia. Review of Integrative Business and Economics Research, 8, 25-33.
Yuliadewi, V. E. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, Brand personality Terhadap Consumer-Based Brand Equity Dan Purchase Intention (Studi Pada Penonton Iklan NU Green Tea Oleh NCT 127 di Kalangan Mahasiswa Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2).
ZA, S. Z., Tricahyadinata, I., Robiansyah, R., Darma, D. C., & Achmad, G. N. (2021). Storytelling Marketing, Content Marketing, and Social media marketing on the Purchasing Decision. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 3836-3842.
Zulfikar, A. R., & Mikhriani, M. (2017). Pengaruh Social media marketing Terhadap Brand Trust Pada Followers Instagram Dompet Dhuafa Cabang Yogyakarta. Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam, 1(2), 279-29
Published
2024-08-31
How to Cite
BASKARA, Putu Bramasta; WARMIKA, I Gde Ketut. PENGARUH SOCIAL MEDIA MAKETING, BRAND PERSONALITY, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 13, n. 7, p. 1148 - 1167, aug. 2024. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/109124>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i07.p05.
Section
Articles