PELATIHAN PASSING KE DINDING EMPAT REPETISI LIMA SET SELAMA ENAM MINGGU LEBIH BAIK DARIPADA PELATIHAN PASSING BERPASANGAN EMPAT REPETISI LIMA SET SELAMA ENAM MINGGU DALAM MENINGKATKAN KETEPATAN TEMBAKAN BOLA PADA SISWA PUTRA SDN 1 KEDIRI LOMBOK BARAT 2015

  • I Made Karna Laksana SD NEGERI 1 KEDIRI LOMBOK BARAT
  • I P G Adiatmika Program Studi Magister Fisiologi Olahraga Universitas Udayana
  • I W Weta Program Studi Magister Fisiologi Olahraga Universitas Udayana

Abstract

Sepak bola merupakan bagian dari permainan yang bertujuan untukberusaha memasukkan bola ke gawang lawan. Kenyataan di lapangan banyakpemain yang tidak memiliki kemampuan untuk melakukan tembakan ke arahgawang. Sehingga perlu dibuat program latihan yang bertujuan untuk meningkatanketepatan tembakan ke arah gawang. model pelatihan yang diberikan yaitupelatihan passing ke dinding dan pelatihan passing berpasangan. Penelitiandilakukan dengan pre dan post test group design di SDN 1 Kediri. Jumlah sampel24 orang yang dibagi menjadi 2 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari12 orang, Kelompok-1 diberikan pelatihan passing ke dinding dan Kelompok-2diberikan pelatihan passing berpasangan. Analisis deskriptif menunjukkanantropometri subjek penelitian dengan karakteristik yang sama. Hasil ujipeningkatan dengan t-paired menunjukkan skor awal Kelmpok-1 12,58 dan skorahir Kelompok-1 28,83 dengan p=0,000.dan skor awal Kelompok-2 11,25 danskor ahir Kelompok-2 20,50 p=0,000. Hasil uji beda dengan uji t-independentmenunjukkan skor awal Kelompok-1 12,58 dan skor awal Kelompok-2 11,25dengan nilai p= 0,083 dan skor ahir Kelompok-1 28,83 dan skor akhir Kelompok-2 20,50 dengan nilai p= 0,000. Dari hasil uji t-paired dan t-independentdidapatkan p<0,05. Menunjukkan bahwa pelatihan ini memberikan pengaruhberbeda bermakna. Hal ini disebabkan pelatihan passing ke dinding lebih fokusdan lebih konsentrasi pada bola. Disimpulkan pelatihan passing ke dinding lebihbaik daripada pelatihan passing berpasangan dalam meningkatkan ketepatantembakan pada permainan sepak bola SD Negeri 1 Kediri. Untuk itu disarankankepada para pelatih dan guru olahraga yang melatih cabang sepak bola untukmenerapkan pelatihan passing ke dinding dalam memberikan pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
LAKSANA, I Made Karna; ADIATMIKA, I P G; WETA, I W. PELATIHAN PASSING KE DINDING EMPAT REPETISI LIMA SET SELAMA ENAM MINGGU LEBIH BAIK DARIPADA PELATIHAN PASSING BERPASANGAN EMPAT REPETISI LIMA SET SELAMA ENAM MINGGU DALAM MENINGKATKAN KETEPATAN TEMBAKAN BOLA PADA SISWA PUTRA SDN 1 KEDIRI LOMBOK BARAT 2015. Sport and Fitness Journal, [S.l.], apr. 2016. ISSN 2654-9182. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sport/article/view/20203>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

pelatihan passing ke dinding, pelatihan passing berpasangan, ketepatan tembakan.