Language Functions Used By The Tour Guides At Taman Ayun

  • I Wayan Eka Bawa Pradnyana Udayana University
  • I Gede Putu Sudana Udayana University
  • Ni Wayan Sukarini Udayana University

Abstract

Penelitian ini berjudul Language Functions Used by The Tour Guides at Taman Ayun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengklasifikasi jenis-jenis fungsi bahasa yang digunakan oleh Pemandu Wisata dalam berkomunikasi dengan Turis  serta mengklasifikasi tingkat formalitas yang di gunakan oleh Pemandu Wisata dalam percakapan dengan Turis. Teori-teori utama yang digunakan dalam penelitian ini diadopsi dari teori six function of language yang dikemukakan oleh Jacobson (1973) dan teori dari Halliday (1985). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kwalitatif atau bisa disebut juga dengan penelitian lapangan.. Diawali dengan meminta ijin untuk melakukan penelitian kepada pihak Pura Taman Ayun. Kemudian mengambil data dengan cara merekam percakapan antara Pemandu Wisata dengan Turis menggunakan alat perekam. Setelah itu, menyalin percakapan dalam bentuk dialog. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat fungsi bahasa seperti fungsi referential, fungsi emotive, fungsi conative, dan fungsi phatic. Fungsi referential merupakan fungsi bahasa yang sering digunakan oleh para Pemandu Wisata dalam memandu para Turis di Taman Ayun, sedangkan fungsi emotive, conative, dan phatic digunakan oleh para Pemandu Wisata untuk mengungkapkan ekspresi, memberi pengaruh, dan mengawali percakapan. Tingkat formalitas yang terdapat dalam percakapan antara Pemandu Wisata dengan Turis tergantung pada hubungan dari kedua belah pihak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-11-01
How to Cite
EKA BAWA PRADNYANA, I Wayan; SUDANA, I Gede Putu; SUKARINI, Ni Wayan. Language Functions Used By The Tour Guides At Taman Ayun. Humanis, [S.l.], p. 94-102, nov. 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/34466>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>