Grammatical Errors In Composition Made By The 11th Grade Students Of Sman 1 Tabanan
Abstract
Tata bahasa dalam Bahasa Inggris merupakan salah satu komponen penting dalam bahasa lisan ataupun tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan tata bahasa yang terdapat dalam tulisan murid kelas XI di SMAN 1 Tabanan dan penyebab terjadinya kesalahan tersebut. Jenis kesalahan dalam tulisan para murid diklasifikasikan ke dalam empat kategori menurut teori yang dikemukakan oleh Dulay (1982) dalam bukunya berjudul “Language Two” dan penyebab terjadinya kesalahan menurut teori yang dicetuskan oleh Richards (1974) dalam bukunya yang berjudul “Error Analysis: Perspective on Second Language Acquisition”. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa “omission” ialah jenis kesalahan tata bahasa yang paling banyak dilakukan oleh para murid dan “ignorance of rule restriction” ialah faktor terbanyak yang menyebabkan para responden melakukan kesalahan tata bahasa dalam hal penulisan. Kemampuan para responden dalam penulisan dapat dikatakan rendah atau di bawah rata-rata disebabkan persentase kemampuan yang mereka dapatkan kurang dari 50%.