TYPES OF WORD FORMATIONS ON INSTAGRAM HASHTAGS

  • Luh Putu Laksmi Prema Dewi Udayana University
  • Ni Luh Kt Mas Indrawati Udayana University
  • Ketut Artawa Udayana University

Abstract

Skripsi ini berjudul “Types of Word Formations on Instagram Hashtags”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menklasifikasikan dan mendeskripsikan tipe-tipe pembentukan kata yang membentuk tanda tagar di Instagram serta menentukan makna yang terkandung dalam istilah tersebut. Data-data yang dikumpulkan untuk penelitian ini diambil dari jejaring sosial Instagram. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data di penelitian ini adalah metode dokumentasi; dan dengan teknik mencatat. Metode kualitatif deskriptif digunakan untuk menganalisa tipe pembentukan kata serta makna. Metode kuantitatif berhubungan dengan persentase dari tipe-tipe pembentukan kata yang membentuk tanda tagar tersebut. Teori yang digunakan dalam peneltian ini adalah teori pembentukan kata oleh Lieber (2009) dan teori tentang makna oleh Chaer (2007). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 8 (delapan) tipe pembentukan kata yang membentuk tanda tagar di Instagram yakni: (1) affixation; (2) compounding; (3) coinage; (4) blending; (5) acronym; (6) initialism; (7) clipping; and (8) multiple processes. Dari segi semantis terdapat makna gramatikal, dan makna leksikal, serta makna kontekstual yang berkaitan dengan istilah-istilah dalam Instagram.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-08-01
How to Cite
LAKSMI PREMA DEWI, Luh Putu; MAS INDRAWATI, Ni Luh Kt; ARTAWA, Ketut. TYPES OF WORD FORMATIONS ON INSTAGRAM HASHTAGS. Humanis, [S.l.], p. 102-108, aug. 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/33436>. Date accessed: 02 nov. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>