Taboo Words in Borat Movie

  • Dewa Ayu Sri Catur Gayatri Udayana University

Abstract

Judul dari penelitian ini adalah “Taboo Words in Borat Movie” mengeksplorasi jenis dan fungsi dari kata-kata tabu pada film tersebut.
Kata-kata tabu secara khusus diucapkan dalam percakapan informal atau dalam situasi tertentu yang mungkin sesuai dengan cara dan tujuan tertentu.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang kata-kata tabu. Ada dua teori yang diterapkan dalam penelitian ini, teori utama oleh Timothy Jay (1992 ). Jay mengklasifikasikan sepuluh jenis kata-kata tabu yaitu cursing, profanity, blasphemy, obscenity, taboo, vulgarity, slang, epithets, insult & slurs, dan scatology. Teori kedua oleh Raymond D. Liedlich (1973) untuk mengeksplorasi fungsi kata-kata tabu. Liedlich mengklasifikasikan enam fungsi kata-kata tabu seperti create attention, discredit, provoke violent confrontation, endearment, create strong personal identification dan  provide catharsis . Penelitian ini menggunakan film “Borat” sebagai suber data karena pada percakapan di film tersebut banyak meggunakan kata-kata tabu. Hasil analisis penelitian ini menjelaskan bahwa ada 72 kata yang termasuk dalam kata-kata tabu. Dari sepuluh jenis kata tabu, ada enam yang ditemukan di Borat Movie. Selain itu, hanya ada empat fungsi kata-kata tabu yang muncul di film ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-08-01
How to Cite
SRI CATUR GAYATRI, Dewa Ayu. Taboo Words in Borat Movie. Humanis, [S.l.], v. 20, n. 1, p. 217-224, aug. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/33063>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles