Lexical Cohesion And Semantic Relation With Reference To Saint Exupery, The Little Prince

  • Ni Made Ari Supini
  • Putu Weddha Savitri

Abstract

Skripsi ini berjudul Kohesi Leksikal dan Hubungan Semantic dengan Referensi Saint Exupery, The Little Prince. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kohesi leksikal yang digunakan dalam novel dan untuk mengetahui hubungan semantik yang digunakan dalam kohesi leksikal dalam novel.


Data diambil dari The Little Prince novel karya Saint Exupery. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi untuk mengumpulkan data. Data penelitian ini dianalisis dengan metode kualitatif. Penelitian ini menerapkan teori yang diusulkan oleh Halliday dan Hassan, Kohesi dalam bahasa Inggris (1976) menjelaskan jenis kohesi menjadi dua; Leksikal Kohesi dan Gramatikal Kohesi dan teori yang diusulkan oleh George Yule, The Study of Language (2006) untuk mengetahui jenis hubungan semantik menggunakan kohesi leksikal dalam novel.


Penelitian ini menunjukkan bahwa banyak kohesi leksikal ditemukan dalam data seperti pengulangan yang dapat diklasifikasikan ke dalam empat kelas pengulangan, sinonim, antonim, dan superordinate. Kemudian kolokasi dapat dibagi menjadi eksklusif dan inklusif. Analisis lain dalam penelitian ini adalah fungsi kohesif item leksikal yang menunjukkan  hubungan referensial seperti anafora cataphora dan hubungan semantik antara unsur leksikal dalam teks yang membuat kohesif teks juga dapat ditemukan dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
SUPINI, Ni Made Ari; WEDDHA SAVITRI, Putu. Lexical Cohesion And Semantic Relation With Reference To Saint Exupery, The Little Prince. Humanis, [S.l.], v. 19, n. 1, mar. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/29718>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

kohesi leksikal, hubungan Semantic, The Little Prince

Most read articles by the same author(s)