Ellipsis in English Coordinated Clauses in The Novel Entitled “Rowan’s Mill” by Elizabeth Walker

  • I Dewa Ayu Ika Fransiska
  • Putu Weddha Savitri
  • Ni Wayan Sukarini

Abstract

Skripsi ini berjudul “Elipsis pada Klausa Koordinatif Bahasa Inggris pada Novel Berjudul Rowan’s Mill oleh Elizabeth Walker”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis elipsis dan menganalisis terjadinya elipsis pada klausa koordinatif. Topik ini dianalisis karena sering terjadinya ambiguitas dalam menentukan unsur-unsur pada klausa yang dapat dielipsis ketika dua klausa atau lebih digabungkan. Sumber data dari penelitian ini adalah novel berjudul Rowan’s Mill oleh Elizabeth Walker. Metoda yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metoda dokumentasi dengan teknik pencatatan. Penelitian ini menggunakan metoda deskriptif kwalitatif untuk menganalisa data yang telah terkumpul dimana data yang telah dianalisis dengan teori yang diusulkan oleh Quirk, dkk. (1972) yang dipresentasikan dengan metoda deskriptif.

Ada enam jenis utama elipsis pada klausa koordinatif, yaitu: elipsis subjek, elipsis tambahan, elipsis subjek dan tambahan, ellipsis predikasi, elipsis kepala frase kata benda, dan elipsis subjek pelengkap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua jenis elipsis dalam novel Rowan Mill oleh Elizabeth Walker ditemukan dan elipsis subjek adalah jenis elipsis yang paling sering terjadi. Dalam klausa koordinatif, elipsis dapat terjadi pada klausa bagian pertama dan klausa berikutnya. Elipsis disebut anaforis, cataforis, atau anaforis maupun cataforis. Namun, elipsis sebagian besar anaforis dengan kemunculan item diwujudkan dalam bagian pertama dari serangkaian klausa.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
IKA FRANSISKA, I Dewa Ayu; WEDDHA SAVITRI, Putu; SUKARINI, Ni Wayan. Ellipsis in English Coordinated Clauses in The Novel Entitled “Rowan’s Mill” by Elizabeth Walker. Humanis, [S.l.], v. 18, n. 1, feb. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/27567>. Date accessed: 19 june 2021.
Section
Articles

Keywords

Elipsis, klausa koordinatif, anaforis, cataforis

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>