Context of Situation in Code Switching Found in the Movie Entitled Check-In Bangkok

  • Ni Wayan Yessy Puspitha Yanthi
  • I Nyoman Sedeng
  • I Wayan Suardhana

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Makna kontekstual di Peralihan Kode yang ditemukan di Film Check in Bangkok”. Alih kode dapat ditemukan dalam bentuk tulisan dan lisan baik di koran, majalah, buku, novel, program televisi, radio dan lainnya. Dalam kasus ini, hal itu dapat terjadi antara kalimat (inter-sentensial) atau dalam satu kalimat (intra-sentensial ) dan juga dapat dipengaruhi oleh situasi percakapan. Halliday (1985) menyatakan, penggunaan bahasa memiliki situasi konteks. Penelitian ini akan menganalisis konteks situasi yang mempengaruhi alih kode dalam sumber data.

Data penelitian diambil dari film Indonesia di YouTube yang berjudul “Check-in Bangkok”. Data yang telah dikumpulkan oleh studi pustaka dan metode dokumentasi, diklasifikasikan masing-masing jenis alih kode berdasarkan teori jenis alih kode yang diusulkan oleh Poplack, kemudian data juga dianalisis berdasarkan teori konteks situasi yang diusulkan oleh Holmes.

Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa tag, inter-sentensial dan intra-sentensial pada peralihan kode ditemukan dalam sumber data. Sementara itu, untuk konteks situasi faktor yang paling mempengaruhi pembicara untuk menggunakan alih kode adalah pembicara, latar/keadaan, topik dan fungsi/tujuan.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
PUSPITHA YANTHI, Ni Wayan Yessy; SEDENG, I Nyoman; SUARDHANA, I Wayan. Context of Situation in Code Switching Found in the Movie Entitled Check-In Bangkok. Humanis, [S.l.], v. 19, n. 1, mar. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/29663>. Date accessed: 20 oct. 2021.
Section
Articles

Keywords

alih kode, konteks situasi

Most read articles by the same author(s)