Lexical Ambiguity in English Advertisement Slogans of Unilever Products

  • I Gusti Ayu Dwi Dharmayanti
  • I Ketut Tika

Abstract

Skripsi ini berjudul Ambiguitas Leksikal dalam Slogan Iklan Berbahasa Inggris dari Produk-Produk Unilever. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi makna yang paling sesuai dari ungkapan ambigu dalam slogan iklan berbahasa inggris dari produk-produk Unilever dan menemukan faktor leksikal yang dapat menyebabkan ambiguitas leksikal.


Sumber data penelitian ini diambil dari situs terkenal Unilever yang dimuat dalam situs https://www.unilever.com/brands. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka dan data penelitian ini dianalisis menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menerapkan Teori Makna oleh Geoffrey Leech (1974: 10-22) untuk menemukan makna yang paling sesuai untuk kata-kata ambigu dan juga didukung dengan Kamus Oxford Advanced Learner untuk menentukan makna leksikal dari kata ambigu. Teori lain yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Ambiguitas leksikal oleh Ullmann (1977: 158) untuk menganalisis faktor-faktor leksikal yang dapat menyebabkan ambiguitas leksikal.


Temuan menunjukkan bahwa pada bagian pertama diantara 13 merek global dari Unilever yang dianalisis, 10 slogan berisi kata-kata ambigu yang mana dari kata-kata ambigu tersebut dikategorikan sebagai makna Konseptual dan makna dari kata-kata ambigu pada 3 slogan lainnya dikategorikan sebagai makna Konotatif. Sedangkan, pada bagian kedua ditemukan bahwa faktor leksikal yang menyebabkan ambiguitas leksikal pada 7 slogan merek adalah Polysemi dan  faktor leksikal  yang menyebabkan ambiguitas leksikal pada 6 slogan merek lainnya adalahHomonimi. Hal ini berarti bahwa ambiguitas leksikal bisa terjadi dalam slogan produk-produk merek terkenal Unilever. Tidak dapat dipungkiri bahwa ambiguitas semakin membuat produk-produk Unilever menjadi terkenal dan siapapun yang melihat iklan-iklan tersebut akan tertarik khususnya pada produk-produk tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
DHARMAYANTI, I Gusti Ayu Dwi; TIKA, I Ketut. Lexical Ambiguity in English Advertisement Slogans of Unilever Products. Humanis, [S.l.], v. 19, n. 1, mar. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/29301>. Date accessed: 20 oct. 2021.
Section
Articles

Keywords

ambiguitas leksikal, makna leksikal, iklan, slogan