The Grammatical Cohesion with Reference to Short Stories Entitled “The Twelve Dancing Princesses” by Brothers Grimm And “The Whale Sound” by Roger Dean Kiser

  • Ni Kadek Meri Sudani
  • I Ketut Tika

Abstract

Abstrak


Skripsi ini berjudul “gramatikal cohesi dengan referensi cerita pendek berjudul “The Twelve Dancing Princesses” oleh Brothers Grimm dan “The Whale Sound” oleh Roger Dean Kiser. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tipe gramatikal cohesi yang digunakan di dalam cerita dan menemukan tipe gramatikal cohesi yang banyak digunakan di dalam cerita. Data dianalisis menggunakan metoda deskriptif kwalitatif berdasarkan teori cohesi oleh Halliday dan Hasan (1976) dan teori pendukung oleh Nunan (1993). Sumber data penelitian ini diambil dari internet dalam cerita fiksi berjudul “The Twelve Dancing Princesses” oleh Brothers Grimm dan cerita nonfiksi berjudul “The Whale Sound” oleh Roger Dean Kiser.


Berdasarkan hasil analisis tersebut empat tipe gramatical cohesi ditemukan di dalam cerita pertama seperti : reference, substitution, ellipsis, dan conjuction. Ada dua tipe gramatikal cohesi ditemukan di dalam cerita kedua seperti: reference dan conjunction. Diantara semua cohesi gramatikal yang ditemukan di kedua cerita tersebut, tipe cohesi gramatikal yang paling banyak digunakan adalah reference.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
MERI SUDANI, Ni Kadek; TIKA, I Ketut. The Grammatical Cohesion with Reference to Short Stories Entitled “The Twelve Dancing Princesses” by Brothers Grimm And “The Whale Sound” by Roger Dean Kiser. Humanis, [S.l.], v. 18, n. 1, feb. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/26464>. Date accessed: 18 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

tes, gramatical cohesi, cerita pendek