Derivational English Suffixes With Reference To the Jakarta Post

  • I Kadek Dody Mahendra
  • Ni Luh Ketut Mas Indrawati

Abstract

Artikel ini berjudul "Derivasional Inggris akhiran dengan referensi The Jakarta Post". Penelitian ini membahas proses pembentukan kata bahasa Inggris secara morfologi. Masalah dari Penelitian ini adalah bentuk, fungsi, dan makna dari derivasional akhiran yang ditemukan di The Jakarta Post berita online. Penelitianini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk derivasional akhiran dan untuk menjelaskan fungsi dan makna dari derivasional akhiran yang ditemukan dalam sumber data.


Sumber data dari penelitian ini diambil adalah versi online dari The Jakarta Post berita yang tersedia di www.thejakartapost.com. Metode dokumentasi digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini. Data dari penelitian ini dianalisis dengan metode kualitatif. Teori yang digunakan dalam menganalisis data adalah teori morfologi yang diusulkan oleh Plag (2002).


Hasil analisis menunjukkan bahwa ada empat bentuk akhiran derivasional, yaitu nominal akhiran, verbal akhiran, akhiran adjectival, dan akhiran adverbial. Fungsi derivasional akhiran dapat dibagi menjadi dua, yaitu menjaga kelas akhiran dan mengubah kelas akhiran. Akhiran yang ditemukan dalam sumber data memiliki arti masing – masing.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
MAHENDRA, I Kadek Dody; INDRAWATI, Ni Luh Ketut Mas. Derivational English Suffixes With Reference To the Jakarta Post. Humanis, [S.l.], v. 19, n. 1, mar. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/29064>. Date accessed: 23 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Morfologi, Akhiran, Derivasional