The Nominal Group Structure of Barack Obama’s Speech in Indonesia

  • I Gusti Bagus Narabhumi
  • Ni Luh Ketut Mas Indrawati

Abstract

Skripsi ini berjudul " Struktur Grup Nominal dalam Pidato Barack Obama di Indonesia" dan utamanya ditujukan untuk menganalisis elemen tertentu dalam struktur grup nominal yang terdapat dalam pidato tersebut serta frekuensi kemunculannya.


 


Dalam menganalisis struktur grup nominal, peneliti menerapkan teori Functional Grammar yang diusulkan oleh Halliday sebagai dasar teori dan metode deskriptif kualitatif sebagai metode penelitian. Menurut teori Functional Grammar, grup nominal terdiri dari struktur experiential dan logical. Struktur experiential terdiri dari enam elemen termasuk: Thing, Deictic, Numerative, Epithet, Classifier dan Qualifier. Sedangkan dalam struktur logical, terdapat elemen Head dan Modifier (Premodifier dan Postmodifier).


 


Sumber data dalam penelitian ini diambil dari transkrip pidato Barack Obama di Universitas Indonesia pada tahun 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua jenis elemen experiential dan logical muncul  dalam struktur grup nominal pidato Barack Obama di Indonesia. Thing, Deictic, dan Qualifier adalah tiga unsur yang paling sering digunakan oleh Barack Obama dalam membangun struktur kelompok nominal nya, diikuti oleh elemen Classifier, Epithet, dan Numerative. Kedua, tidak setiap elemen Head di struktur logical muncul bertepatan dengan elemen Thing di struktur experiential. Selain itu, grup nominal Barack Obama pada umumnya memiliki konstruksi yang relatif sederhana.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
NARABHUMI, I Gusti Bagus; INDRAWATI, Ni Luh Ketut Mas. The Nominal Group Structure of Barack Obama’s Speech in Indonesia. Humanis, [S.l.], v. 18, n. 1, feb. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/27571>. Date accessed: 03 mar. 2021.
Section
Articles

Keywords

functional Grammar , Pidato, Grup Nominal.