Grammatical Error In Writing Made By The Second Grade Students of SMKN 5 Denpasar

  • Ida Bagus Putra Adnyana

Abstract

Studi ini berjudul “Grammatical Error in Writing Made by The Students of SMKN 5 Denpasar”. Terdapat dua permasalahan yang di analisa dengan menggunakan teori Error Analysis, diantaranya: Error yang dibuat oleh siswa dan kemampuan grammar dari siswa.

Data yang digunakan dalam studi ini berupa essay yang dibuat oleh siswa kelas 2 SMKN 5 Denpasar, terdapat 40 siswa yang dipilih secara acak dari 10 kelas dan 40 essay yang dibuat oleh masing – masing siswa. Sekiranya ada 10 contoh data yang digunakan sebagai data dan di analisa dengan menggunakan teori Surface Strategy Taxonomy milik Burt dan Dulay. Dari analisa yang dilakukan, ditemukan 11 tipe omission error, 2 tipe addition error, 1 tipe misformation error dan 1 tipe misordering error.

Berdasarkan analisa yang dilakukan, dapat disimpukalkan bahwa kemampuan grammar dari siswa adalah dibawah rata – rata, dimana siswa masih kesulitan dalam menggunakan grammar dengan baik dan benar.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
PUTRA ADNYANA, Ida Bagus. Grammatical Error In Writing Made By The Second Grade Students of SMKN 5 Denpasar. Humanis, [S.l.], june 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/21343>. Date accessed: 26 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Error analysis, grammar, writing

Most read articles by the same author(s)