PERBANDINGAN EFEKTIVITAS TERAPI ORAL DAN INTRAVENA PADA IBU HAMIL DENGAN ANEMIA DEFISIENSI BESI: SEBUAH SYSTEMATIC REVIEW

  • Putu Pandu Eka Setiawan Fakultas Kedokteran
  • Ida Bagus Putra Adnyana
  • I Gede Ngurah Harry Wijaya Surya
  • I Nyoman Hariyasa Sanjaya

Abstract

ABSTRAK


PERBANDINGAN EFEKTIVITAS TERAPI ORAL DAN INTRAVENA PADA IBU HAMIL DENGAN ANEMIA DEFISIENSI BESI


 


Anemia defisiensi besi (IDA) utamanya lebih banyak terjadi pada wanita salah satu faktornya adalah kehamilan. Pilihan pertama dalam pengobatan anemia defisiensi besi untuk hampir semua pasien adalah terapi besi oral. Tujuan dari systematic review ini untuk mengetahui efektifitas terapi intravena dan terapi oral sebagai pengobatan untuk IDA pada Ibu Hamil. Penulisan systematic review ini dilakukan berdasarkan pedoman PRISMA. Pencarian artikel dilakukan pada database Pubmed dan Sciencedirect dari tahun 2016-2020 dengan kriteria inkulsi wanita hamil dengan IDA dan hasil mean Hb untuk setiap intervensi. Judul dan abstrak ditinjau berdasarkan relevansi penelitian. Penilaian kualitas studi menggunakan Cochrane Systematic Review ROB Tools. Pada tahap akhir didapatkan sebanyak enam artikel. Secara umum kualitas studi cukup baik. Berdasarkann Systematic review yang telah dilakukan menunjukan bahwa terapi besi intravena lebih unggul dalam hal tolerabilitas dan koreksi anemia bila dibandingkan dengan terapi oral. Terapi IV juga menghasilkan peningkatan Hb yang lebih cepat.


Kata kunci: Kehamilan, Terapi, Anemia Defisiensi Besi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ida Bagus Putra Adnyana

2Departemen Obstetrik dan Ginekologi RSUP Sanglah

I Gede Ngurah Harry Wijaya Surya

2Departemen Obstetrik dan Ginekologi RSUP Sanglah

I Nyoman Hariyasa Sanjaya

2Departemen Obstetrik dan Ginekologi RSUP Sanglah

Published
2021-08-30
How to Cite
EKA SETIAWAN, Putu Pandu et al. PERBANDINGAN EFEKTIVITAS TERAPI ORAL DAN INTRAVENA PADA IBU HAMIL DENGAN ANEMIA DEFISIENSI BESI: SEBUAH SYSTEMATIC REVIEW. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 10, n. 8, p. 19-25, aug. 2021. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/73561>. Date accessed: 04 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2021.V10.i8.P03.

Most read articles by the same author(s)