Fungsi Diksi Onomatope dalam Buku Cerita Bergambar Bertema Gempa dan Tsunami

  • Kadek Dea Shinta Universitas Udayana
  • Silvia Damayanti Universitas Udayana
  • Ni Made Andry Anita Dewi Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas makna dan fungsi diksi onomatope Jepang yang digunakan pada dua buku cerita bergambar bertema bencana gempa bumi dan tsunami. Teori yang digunakan adalah teori onomatope Jepang, teori Stilistika, teori Semiotika. Hasil penelitian menemukan diksi onomatope dalam dua  buku cerita bergambar bertema bencana dapat mempresentasikan alam, manusia, dan benda/sesuatu. Diksi onomatope yang ditemukan cenderung memiliki makna yang merepresentasikan gerakan oleh tanah atau benda saat gempa, suara yang merepresentasikan ombak tsunami, maupun  suara lainnya yang dihasilkan karena aktivitas bencana, dan keadaan lingkungan maupun perasaan manusia yang  dipengaruhi oleh suasana sebelum, saat, dan sesudah peristiwa bencana. Berdasarkan hasil tersebut, diksi onomatope yang ditemukan dapat diketahui memiliki 3 fungsi utama. Pertama, fungsi menjelaskan detail informasi berdasarkan intensitas gempa atau kekuatan ombak tsunami. Kedua berfngsi memperkuat atau  menekankan sesuatuu benda atau hal yang direpresentasikan. Ketiga, berfungsi menambah nilai estetika pada tulisan dalam bentuk repetisi kata yang berirama dari peniruan suara objek nyata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damayanti, Silvia. 2021. Onomatope Yang Merepresentasikan Gempa Bumi Dalam Cerita Bergambar Hashire, UE E!: Tsunami Tendenko. Antologi Kajian Linguistik Dan Sastra Jepang.
Rika, Atta. 2019. Analisis Fungsi Dan Makna Onomatope Dalam Komik “RELIFE” Volume 1 Karya Yayoi Sou. Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara.
Yuliani, Fanny. 2017. Analisis Bentuk Dan Makna Gijougo Dalam Bahasa Jepang. Universitas Diponegoro.
Purwani, I, A, W, Suartini dan Adnyani. 2020. Analisis Onomatope Pada Dongeng Bahasa Jepang. Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha.
Littlejohn, Stephen W dan Foss, Karen A. 2009. Theories of Human Communication Edisi 9. Salemba Humanika.
Ratna, N. K. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ratna, N, K. 2007. Estetika Sastra dan Budaya. Pusata Pelajar, Yogyakarta.

https://www.jma.go.jp/jma/en/Activities/intsummary.pdf diakses pada 10 Mei 2022

https://www.bmkg.go.id/gempabumi/skala-intensitas-gempabumi.bmkg diakses pada 20 Agustus 2022
Published
2023-08-30
How to Cite
SHINTA, Kadek Dea; DAMAYANTI, Silvia; ANITA DEWI, Ni Made Andry. Fungsi Diksi Onomatope dalam Buku Cerita Bergambar Bertema Gempa dan Tsunami. Jurnal Sakura : Sastra, Bahasa, Kebudayaan dan Pranata Jepang, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 363-382, aug. 2023. ISSN 2623-0151. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sakura/article/view/99996>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JS.2023.v05.i02.p10.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)