Alih Wahana Cerita Rakyat Terjadinya Pulau Bali dari Buku Cerita Bergambar Menjadi Anime

  • Silvia Damayanti Universitas Udayana
  • Ni Putu Luhur Wedayanti Universitas Udayana
  • Ida Ayu Laksmita Sari Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini mengkaji alih wahana cerita rakyat Bali yang berjudul Terjadinya Pulau Bali dari buku cerita bergambar menjadi anime. Objek penelitian ini adalah cerita rakyat Bali Terjadinya Pulau Bali  karya Yuliadi Soekardi (2004) dan Anime Legenda Selat Bali karya Evelyn Zhang (2010). Penelitian ini  dianalisis secara kualitatif dengan teori Alih Wahana Damono (2012) dan teori Strukturalis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara alih wahana cerita rakyat Bali dari buku cerita bergambar menjadi anime dan meningkatkan ketertarikan dan kecintaan masyarakat Bali terhadap cerita rakyat Bali. Hasil penelitian yaitu bahwa sebagai sarana pelestarian cerita rakyat, penulis cerita anime Legenda Selat Bali dalam proses alih wahana dari buku cerita bergambar melakukan pengurangan, penambahan, dan pemvariasian unsur-unsur intrinsik pembentuk cerita rakyat Terjadinya Pulau Bali. Pengurangan, penambahan, dan pemvariasian tersebut dilakukan untuk menyesuaikan dengan bentuk dan jenis anime yang dibuat. Anime Legenda Selat Bali diperuntukkan bagi anak-anak oleh karena itu, terdapat pengurangan pada tokoh cerita, alur dan peristiwa, dan latar. Pengurangan ini dilakukan untuk menyerderhanakan cerita. Selain itu, penyesuaian dilakukan dengan menghilangkan beberapa adegan kekerasan. Penambahan cerita terdapat pada adegan anti klimaks. Perubahan bervariasi terdapat pada bentuk perjudian yang dilakukan tokoh Manik dari perjudian dengan dadu menjadi sabung ayam. Simpulan penelitian ini adalah bahwa pengurangan, penambahan, dan perubahan bervariasi dalam cerita dilakukan pengarang agar cerita lebih menarik, manambah unsur penasaran, dan agar para pembaca tidak bosan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damono, Sapardi Djoko (2005). Pegangan Penelitian Sastra Bandingan. Jakarta: Pusat Bahasa

Fahmi (2015). Sisba Seminar Internasional Sastra Bandung 2015 (Editor:Mediawati Mamat Mustaffa): Sastra Kita Kini, Dulu, dan Nanti. “Transformasi Sastra: Geliat Ekranisasi”

Ratna, Nyoman Kutha (2004) Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra dari Srukturslisme hingga Poststrukturalisme Perspektif Wacana Naratif. Yogkarta: Pustaka Pelajar

Nurgiantoro, Burhan (2010). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Soekardi, Yuliadi (2004). Terjadinya Pulau Bali (Kisah Manik Angkeran). Bandung. Pustaka Setia
Published
2020-06-20
How to Cite
DAMAYANTI, Silvia; LUHUR WEDAYANTI, Ni Putu; LAKSMITA SARI, Ida Ayu. Alih Wahana Cerita Rakyat Terjadinya Pulau Bali dari Buku Cerita Bergambar Menjadi Anime. Pustaka : Jurnal Ilmu-Ilmu Budaya, [S.l.], v. 18, n. 2, p. 118-125, june 2020. ISSN 2528-7516. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pustaka/article/view/61011>. Date accessed: 14 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/PJIIB.2018.v18.i02.p10.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>